Berharap kolaborasi ini semakin solid untuk kesejahteraan bersama,
Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pegiat lingkungan di Labuan Bajo yang secara konsisten melestarikan dan mengembangkan wisata bahari yang berkelanjutan.
 
 
"Saya mengapresiasi para local champion yaitu Ibu Marta (Ica) Tulis dari Indonesia Waste Platform dan Bapak Stefan Rafael dari Plastic Man Institute yang telah dan masih mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran mereka dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan wisata Bahari yang berkelanjutan di Labuan Bajo," katanya dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Jumat.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan MiCE to Meet You: Jelajah Pesona Bahari di Timur Indonesia di Labuan Bajo.
 
Menparekraf Sandiaga juga mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat di Labuan Bajo yang sudah berkolaborasi dengan baik dalam pengembangan pariwisata bahari di daerah itu.
 
"Berharap kolaborasi ini semakin solid untuk kesejahteraan bersama," katanya.
 
Sementara itu, kegiatan MiCE to Meet You: Jelajah Wisata Bahari di Timur Indonesia, merupakan bentuk kolaborasi antara komunitas serta pemangku kepentingan yang bertujuan untuk menjaring aspirasi dari masyarakat yang diwakili oleh komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif.

Program ini diharapkan menjadi sebuah pertemuan yang baik dan menyenangkan bagi Kemenparekraf bersama stakeholder dan komunitas pariwisata di daerah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.
 
Kegiatan yang dikemas dengan dialog interaktif, display produk dari local champion, dan games ini melibatkan pemangku kepentingan yang turut mengembangkan wisata bahari seperti pemerintah daerah, otoritas Taman Nasional Komodo, Asosiasi Pengusaha Wisata Bahari dan Tirta, komunitas pemerhati lingkungan dan pariwisata, komunitas selam, komunitas mancing, komunitas olahraga air dan komunitas adventure.
 
Melalui Kegiatan MiCE to Meet You: Jelajah Wisata Bahari di Timur Indonesia, diharapkan juga masyarakat dan komunitas dapat meningkatkan wawasan tentang wisata bahari di kawasan konservasi, mempromosikan destinasi dan produk wisata bahari yang mendukung prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) yang bermanfaat bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024