Jakarta (ANTARA) - Setelah berhasil mendulang sukses di Bandung, Jawa Barat, Restoran Dailah kini berekspansi ke Jakarta sebagai pusat bisnis dan budaya, sebagai kota metropolitan menawarkan peluang lebih besar untuk mengenalkan konsep Dailah kepada audiens yang lebih luas dan beragam.

Dailah Jakarta diharapkan dapat menjadi destinasi di mana keunikan cita rasa Nusantara dapat dihayati, dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya tetap terjaga dan diapresiasi.

“Dari awal Dailah hadir di kota Bandung hingga buka cabang di Jakarta, kami selalu bersungguh-sungguh menggali kekayaan Indonesia melalui warisan kuliner dan budaya, bukan hanya sekadar panggilan sebagai bangsa Indonesia, tapi karena ketertarikan kami atas peninggalan dari leluhur yang begitu kaya, dengan berbagai filosofinya yang mendalam, setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Itu semua menarik untuk dieksplorasi,” kata salah satu Founder Dailah, Dinez Montana saat acara Ragam Rasam di Dailah Jakarta, Jumat.

Dengan kehadirannya di Jakarta, Dailah berharap dapat lebih luas menyebarkan pesan tentang pentingnya melestarikan budaya melalui kuliner.

Baca juga: Festival Kuliner Serpong suguhkan aneka makanan khas Medan

Baca juga: Restoran khas Jawa bidik warga Jakarta yang rindu kampung halaman


“Dengan membuka cabang di Jakarta, kami berharap bisa makin memperluas misi kami, dan menciptakan koneksi,” ungkap Dinez.

Dailah percaya bahwa setiap hidangan adalah cerminan dari identitas dan warisan budaya, baik budaya sebuah kota, sebuah komunitas atau sebuah sejarah.
Logo restoran Dailah Sajian Nusantara di Jakarta. (ANTARA/ Putri Hanifa)

Pembukaan Dailah di Jakarta menjadi langkah penting dalam perjalanan restoran itu untuk menghubungkan masyarakat dengan akar budayanya melalui makanan, yang tidak hanya kaya rasa, tetapi juga kaya cerita budaya Indonesia yang beragam.

Bersamaan dengan peresmian Dailah Jakarta, “Ragam Rasam”, acara tahunan yang digelar oleh Dailah untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia hadir untuk pertama kalinya di Jakarta, dengan nuansa yang lebih istimewa tahun ini.

Acara tersebut tidak hanya menampilkan keanekaragaman budaya Nusantara melalui pengalaman kuliner, tetapi juga menghadirkan pameran fotografi, instalasi kain, dan video dokumenter yang mengangkat keindahan budaya lokal, yang dipercantik dengan dekorasi tematik khas Jakarta.

Dailah selalu berkomitmen melestarikan dan mengangkat nilai budaya Indonesia, bekerja sama dengan Yayasan Kultura yang fokus pada pelestarian budaya tradisional.

Kolaborasi ini menghadirkan berbagai aktivasi seperti pameran fotografi dan video dokumenter yang mengangkat keindahan budaya lokal, serta instalasi kain tradisional.

Selain itu, Ragam Rasam juga menyajikan berbagai program menarik, seperti pemakaian busana adat pada hari pembukaan, pertunjukan tarian tradisional, bincang-bincang budaya dengan tokoh terkemuka, serta penampilan seni kontemporer.

Melalui acara itu, Dailah mengajak pengunjung untuk merayakan dan mengapresiasi kekayaan budaya Nusantara sambil menikmati kuliner dalam suasana hangat dan otentik.

Baca juga: Festival "Kampoeng Tempo Doeloe" hadirkan kuliner khas Nusantara

Baca juga: Chef Devina Hermawan berbagi kreasi makanan nusantara berbahan oat

Baca juga: Industri kuliner dinilai saatnya beralih ke makanan sehat

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024