Kami memegang prinsip yang telah ditetapkan dalam pilar-pilar environmental, social, and governance
Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​Direktur Utama PT PLN Indonesia Power (PLN IP) Edwin Nugraha Putra menyebutkan pihaknya menerapkan program lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environtmental, social, and governance (ESG) secara inovatif, yang sejalan dengan kegiatan operasional dalam memenuhi kebutuhan listrik.

Menurut dia, dalam setiap kegiatan bisnis, PLN Indonesia Power mengedepankan keberlanjutan, baik lingkungan maupun sosial dan tata kelola, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah sekitar operasional unit bisnis pembangkitan (UBP).

"Kami memegang prinsip yang telah ditetapkan dalam pilar-pilar environmental, social, and governance (ESG), ketiga elemen ini terus kami jadikan acuan," kata Edwin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan ketiga prinsip tersebut diwujudkan PLN IP dengan menjalankan beragam program, di antaranya adalah pemanfaatan abu sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) dari pembangkit listrik untuk bahan material bangunan dan menjadi pupuk tanaman.

Program lainnya adalah PLN Indonesia Power menggandeng masyarakat untuk berperan dalam menyediakan biomassa sebagai energi primer pembangkit untuk mengurangi penggunaan batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) melalui penerapan campuran bahan bakar (cofiring).

Menurut Edwin, melalui kedua program tersebut, PLN Indonesia Power dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari sektor kelistrikan.

Hal itu, lanjutnya, juga sejalan dengan upaya transisi energi untuk membantu pemerintah dalam mengejar target net zero emission pada 2060 dan menekan laju pemanasan global yang menjadi ancaman makhluk hidup di Bumi.

"Sebagai subholding generation company, PLN Indonesia Power terus melakukan upaya transisi energi dan kami harus senantiasa mendukung upaya pemerintah mengejar target net zero emission pada 2060," ujarnya.

Edwin menambahkan atas komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG pada operasional bisnis, PLN IP mendapat tiga penghargaan dalam ajang ESG Initiative Awards 2024.

Ketiga penghargaan tersebut adalah kategori The Best Climate Transition Eccellence Leadership dengan skor 36,35 dan predikat 5 Star Gold; ESG Initiative of the Year dengan skor 35,2; serta Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra meraih penghargaan sebagai Best CEO of ESG Initiatives & Commitment In Green Energy Innovations.

"Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi penghargaan ini, PLN Indonesia Power meraih tiga penghargaan di berbagai kategori. Hal ini merupakan salah satu dari implementasi dan komitmen kami bersama-sama dalam mengakselerasi transisi energi melalui pembangkit EBT serta inovasi kami untuk menurunkan emisi karbon," sebut Edwin.

Baca juga: PLN Indonesia Power terapkan transformasi pengelolaan SDM
Baca juga: PLN Indonesia Power bangun tempat produksi biomassa di Medan

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024