apresiasi kepada KKKS yang terus berkomitmen atas kepastian rantai pasok hulu migas dan mendorong penggunaan sumber daya lokal
Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan "The Best Innovation in Material Inventory Optimization", dalam ajang IOG SCM and National Capacity Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang terus berkomitmen atas kepastian rantai pasok hulu migas dan mendorong penggunaan sumber daya lokal," kata Deputi Dukungan Bisnis Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Satwiko dalam keterangan diterima di Pekanbaru, Riau, Jumat.

Ia menjelaskan penghargaan ini merupakan pengakuan atas pengembangan dan penerapan aplikasi Integrated Material Management (IMM) yang terintegrasi dengan Rokan Market Place, sebuah platform digital inovatif yang dirancang untuk mengoptimalkan pengelolaan material dan aset di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Aplikasi yang dibuat oleh tim Information Technology dan Procurement & Contracting PHR WK Rokan ini memiliki banyak keunggulan yaitu e-FUPP memproses usulan pelepasan penghapusan asset (FUPP), Rokan Market Place yaitu aplikasi untuk meningkatkan pemanfaatan material eks-terminasi yang dapat diakses oleh pengguna internal di PHR, AP Pertamina, serta KKKS lain.

Fitur lain adalah warehouse receiving transaction, yakni aplikasi yang dikembangkan untuk pembuatan Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB), perhitungan denda keterlambatan dan Surat Permintaan Proses Pembayaran (SP3) secara daring.

Baca juga: Pertamina hemat emisi karbon 41,8 ton dari Program Daur Ulang Seragam

Baca juga: Pertamina dorong mahasiswa jadi wirausaha muda bidang energi


"Tujuan fitur ini adalah memastikan tata kelola penerimaan material yang akurat dan akuntabel," katanya.

Executive Vice President Business Support PHR Irfan Zaenuri mengatakan dengan implementasi IMM dan Rokan Market Place, PHR kini dapat lebih responsif dalam memenuhi kebutuhan operasional.

"Proses pengelolaan material menjadi lebih terstandardisasi dan transparan, sehingga setiap aset dan material yang dikelola dapat memberikan nilai maksimal untuk mendukung keberlanjutan operasional di WK Rokan," katanya.

SCM Summit 2024 diikuti oleh sekitar 51 perusahaan migas nasional yang membuka stan pameran produk-produk lokal. PHR bergabung pada stan Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream dan menampilkan program dan inovasi digital PHR di bidang manajemen rantai pasok dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan temukan sumber migas baru di Blok Rokan 

Baca juga: PHR matangkan persiapan untuk injeksi migas pertama Desember 2025 
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024