Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa sejumlah partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyatakan tidak keberatan bahwa ada sejumlah parpol baru lainnya yang bergabung dengan koalisi tersebut.

Dia mengatakan bahwa semua partai politik yang mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Kamis (15/8) malam, telah menyatakan mendukung pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan partai-partai yang sudah ada, seperti PAN, Golkar, Demokrat, itu nggak ada masalah dan insya Allah berjalan dengan lancar," kata Dasco usai menghadiri Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Prabowo sebut Nasdem sepakat bekerja sama hadapi tantangan masa depan

Adapun sejumlah partai politik yang mengunjungi kediaman Prabowo itu, yakni Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Perindo. Mereka berkunjung secara terpisah pada Kamis (15/8) malam.

Dengan bergabungnya sejumlah partai politik kepada KIM, menurut dia, pemerintahan baru Prabowo-Gibran nantinya dikerjakan secara bersama sama, baik oleh partai-partai lama maupun dengan partai-partai baru.

Pada Kamis (15/8) malam, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh merupakan sosok pertama yang mengunjungi kediaman Prabowo Subianto. Saat itu Surya menyatakan akan bekerja sama dengan Prabowo, sekaligus menyatakan tidak mendukung Anies Baswedan untuk maju pada pilkada Jakarta 2024.

Selanjutnya, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono juga mengunjungi Prabowo dan menyampaikan keputusan partainya untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju sekaligus mendukung pemerintahan mendatang.

Dan yang terakhir, Prabowo juga menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo. Ketua umum baru partai tersebut pun kemudian menyatakan dukungannya kepada pemerintahan selanjutnya untuk bisa berkontribusi lebih bagi negara.

Baca juga: Prabowo: PPP bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju
Baca juga: PPP tepis gabung KIM karena kursi kabinet atau pos politik
Baca juga: Sambangi Prabowo, Perindo resmi dukung pemerintahan Prabowo-Gibran

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024