Kami sedang melakukan tahap kurasi kepada sekitar 300 UMKM yang mendaftar yang berasal dari berbagai daerah dengan dominasi Kota Medan
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melakukan proses kurasi kepada sekitar 300 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Kami sedang melakukan tahap kurasi kepada sekitar 300 UMKM yang mendaftar yang berasal dari berbagai daerah dengan dominasi Kota Medan," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait di Medan, Jumat.

Naslindo melanjutkan dalam proses kurasi ini, parameter yang dijadikan seperti pada produk olahan makanan dengan memiliki sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maupun sertifikat halal.
​​​​
Selain itu, pihaknya melihat produk olahan makanan itu dari sisi tampilan, kemasan dan rasa. Sementara, pada produk pakaian dinilai dari segi produk yang ditampilkan.

"Semua produk tersebut juga dilihat dari harga jual. Itu parameter yang sedang kami gunakan," kata Naslindo.

Baca juga: BI Sumut mencatat 1,27 juta "merchant" pengguna QRIS di Sumut

Baca juga: Kemenparekraf minta Sumut pamerkan produk unggulan saat PON 2024


Dia menyatakan akhir Agustus ini, pihaknya telah mengumumkan untuk memastikan UMKM yang dapat berpartisipasi di ajang nasional tersebut.

Skema stan UMKM nantinya, menurut Naslindo, akan dibuat di setiap arena pertandingan. Selain itu, akan dibuat di Lapangan Benteng, Medan untuk memeriahkan ajang multicabang tersebut.

"Kami juga mendorong pemerintah daerah agar membuat acara tambahan, supaya meningkatkan perekonomian," katanya.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pelaksanaan di Sumut melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial. Adapun di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut.

Baca juga: OJK: Perkembangan keuangan non-bank Sumut positif untuk UMKM

Baca juga: Menparekraf: UMKM ekonomi kreatif di Karo sudah berkembang

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024