Jakarta (ANTARA) - Pemimpin klasemen sementara MotoGP musim 2024, Jorge Martin (Prima Pramac) memuncaki sesi latihan bebas (free practice/FP) pertama Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Jumat.

Martin mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,654 detik, di depan rekan satu timnya, Franco Morbidelli, yang hanya terpaut 0,218 detik saja darinya.

Menyusul di posisi ketiga adalah wildcard dari tim Red Bull KTM Pol Espargaro yang memiliki margin waktu tipis dari dua pembalap Pramac tersebut.

Juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) berada di antara para pembalap Red Bull KTM, dengan Espargaro, Brad Binder, dan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) yang melengkapi posisi enam besar.

Acosta sempat mengalami dua kali kecelakaan, dengan salah satu yang cukup parah di tikungan 4. Hal itu pun membuat bendera merah dikibarkan dan sesi latihan dihentikan sementara.

Melengkapi daftar 10 besar, sesi latihan bebas pertama GP Austria juga turut diisi oleh Maverick Vinales (Aprilia Racing), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Joan Mir (Repsol Honda), dan Alex Marquez (Gresini Racing).

Juara dunia delapan kali Marc Marquez yang mulanya tampil cukup kompetitif dan nyaman di P8, harus merosot dan finis di P18 ketika ia mengalami sejumlah kesulitan dalam sesi latihan kali ini.

Sementara itu, rangkaian MotoGP Austria akan berlanjut pada Sabtu (17/8), ada sesi latihan bebas kedua pada pukul 15.10 WIB, kualifikasi pada 15.50 WIB, dan Sprint pada pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, balapan utama akan digelar pada Minggu (18/8) pukul 19.00 WIB.


Baca juga: Jadwal lengkap MotoGP Austria: Peluang Bagnaia kembali ke puncak

Baca juga: Martin bertekad pertahankan posisi puncak pada klasemen


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024