Waspada sebaran debu vulkanik condong arah barat daya, desa di sisi itu ialah Nawokote
Maumere (ANTARA) - Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengingatkan warga Desa Nawokote di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mewaspadai sebaran debu vulkanik erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

"Waspada sebaran debu vulkanik condong arah barat daya, desa di sisi itu ialah Nawokote," kata Pengamat Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Emanuel Rofinus Bere, ketika dihubungi dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, Jumat.

Dalam laporan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki dari pukul 00.00 hingga 18.30 Wita, erupsi terekam terjadi sebanyak lima kali dengan variasi ketinggian.

Baca juga: Badan Geologi: Waspada sebaran debu vulkanik Gunung Lewotobi

Selain itu, kata dia, masih terekam gempa-gempa vulkanik dalam maupun gempa vulkanik dangkal yang mengindikasikan bahwa suplai magma masih ada.

Emanuel menyarankan warga Desa Nawokote untuk selalu menggunakan masker dan pelindung mata agar tidak terpapar abu vulkanik. Warga pun diingatkan untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius tiga km dari pusat erupsi.

Baca juga: Badan Geologi: Waspada aktivitas Gunung Lewotobi masih tinggi

Gunung Lewotobi Laki-laki merupakan gunung api aktif yang kini berada pada tingkat aktivitas Level III atau Siaga.

Badan Geologi merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun pada empat km arah sektoral utara-timur laut dan lima km sektor timur laut.

Masyarakat juga diimbau tetap tenang dan terus memantau informasi dari pos pengamatan tersebut. "Tetap tenang dan waspada," ucap Emanuel Rofinus Bere.

Baca juga: Badan Geologi: Suplai magma cukup tinggi di Gunung Lewotobi Laki-laki

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024