Jakarta (ANTARA) - Sebagai pemilik kucing, penting untuk mengenali tanda dan gejala penyakit yang umum terjadi pada kucing sehingga Anda dapat mengambil tindakan dan mencari bantuan dari dokter hewan secara tepat.

Sebelum membahas terkait penyakit-penyakit yang bisa di alami kucing, Anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala kucing yang sakit. Jika kucing Anda sedang sakit, Anda mungkin akan melihat gejala- gejala sebagai berikut:
  • Sering bersembunyi.
  • Tidak mau makan.
  • Lebih sering tidur daripada biasanya.
  • Penurunan berat badan yang signifikan.
  • Perubahan perilaku kucing, contoh apabila kucing sebelumnya aktif dan tiba-tiba menjadi lemas.

Penyakit-penyakit umum pada kucing

1. Infeksi kutu kucing

Kutu sangat umum ditemukan pada kucing (dan hewan peliharaan lainnya). Kutu membuat kucing Anda gatal dan tidak nyaman.

Cara terbaik untuk menghentikan perkembangan kutu adalah dengan memperhatikan kebersihan kucing Anda, membersihkan tempat kucing Anda beraktivitas secara teratur dan menggunakan produk pencegahan yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

2. Infeksi cacing

Cacing adalah parasit umum lainnya yang dapat menyerang kucing. Jika kucing anda terinfeksi cacing, Anda mungkin akan melihat kucing Anda mengalami gatal-gatal dan pada bagian pantatnya dan kucing Anda mungkin mengalami sakit perut.

Jika infeksi cacing sudah parah Anda mungkin melihat bagian dari cacing di tempat tidur kucing Anda atau kotorannya.

3. Flu kucing

Kucing dapat terserang flu, flu pada manusia tidak bisa menular pada kucing dan sebaliknya. Penyakit ini dapat menyebabkan kucing Anda memiliki hidung meler, sakit mata, dan dalam kasus yang sangat parah dapat berakibat fatal.

4. Sakit gigi

Penyakit gigi kucing yang paling umum adalah radang gusi, periodontitis, dan resorpsi gigi yang semuanya memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda.

5. Diabetes

Kucing dapat menderita diabetes jika mereka tidak dapat memproduksi insulin atau memiliki respons yang tidak memadai terhadap insulin. Meskipun diabetes pada kucing merupakan masalah yang serius, diabetes dapat diatasi. Beberapa kucing bahkan dapat sembuh dengan perawatan yang tepat.

6. Virus leukemia kucing (FeLV)

FeLV adalah penyakit kucing yang fatal. Penyakit ini ditularkan di antara kucing melalui air liur yang terinfeksi melalui penggunaan mangkuk air yang sama, perkawinan, atau perkelahian. Gejala awal meliputi infeksi pernapasan yang terus berulang dan masalah perut.

FeLV bisa dicegah dengan memberikan vaksinasi dan menjauhkan kucing yang terinfeksi dari kucing lain.

Apabila Anda melihat gejala-gejala kucing sakit yang telah disebutkan di atas, dan kucing Anda memiliki perilaku yang tidak biasa penting untuk segera melakukan pemeriksaan oleh dokter hewan supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Penyebab kucing tidak mau makan

Baca juga: Makanan kucing, lebih baik kering atau basah?

Baca juga: Waktu dan fase kehamilan kucing yang harus Anda ketahui

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024