Jakarta (ANTARA) - Anime, film animasi Jepang, tidak hanya menarik dari segi visual, tapi, juga jalan cerita yang mendalam dan karakter yang kuat juga ikonik.

Anime telah menjadi fenomena global yang berhasil menarik berbagai kalangan dengan tema-tema yang relevan dan universal, mulai dari fantasi, fiksi ilmiah, hingga drama kehidupan sehari-hari. Melalui visual yang memukau dan narasi yang kuat, anime tidak hanya menghibur, tapi, juga sering kali mengangkat isu-isu sosial, moral, dan filosofis, menjadikannya media yang kaya akan ekspresi artistik dan budaya.

Anime kini dikenal sebagai salah satu ekspor budaya paling populer dari Jepang, memiliki sejarah panjang yang dimulai lebih dari satu abad yang lalu. Anime berasal dari kata animation dalam bahasa Inggris yang diinterpretasikan ke bahasa Jepang.

Bagi Anda pencinta anime atau biasa disebut otaku yang sedang mencari tontonan anime terbaru, berikut adalah 10 rekomendasi anime baru yang bisa ditonton untuk menemani weekend.

1. "Haikyuu!! The Dumpster Battle"
Rekomendasi anime baru pertama ialah "Haikyuu!! The Dumpster Battle", yang rilis pada 16 Februari 2024. Film itu menceritakan tentang pertarungan dua tim Voli Karasuno dan Nekoma, yang dikenal sebagai "pertarungan sampah" karena kedua tim diwakili oleh burung gagak dan seekor kucing. 

Karasuno dan Nekoma telah menjadi tim rival sejak lama, bahkan sebelum karakter utama dalam serial ini mulai bermain voli. 

"Haikyuu!!" adalah salah satu anime olahraga paling populer. Momen itu tidak hanya penting bagi para penggemar setia, tapi, juga bagi banyak orang yang mengikuti perkembangan cerita dari seri ini.

2. "Spy x Family Code: White"
Rilis 19 April 2024, anime itu menceritakan Loid Forger yang berusaha membuat kemajuan yang signifikan dalam hubungannya dengan Anya agar dia tidak dipindahkan. 

Bertekad untuk membantunya meraih Bintang Stella dalam kompetisi memasak di sekolah, Loid membawa Anya ke Wilayah Frigis, di mana mereka dapat mencicipi hidangan penutup favorit para juri dan mencoba menirunya. 

"Spy x Family" layak masuk daftar rekomendasi anime baru karena merupakan salah satu judul terpopuler selama beberapa tahun terakhir.

3. "Blue Lock: Episode Nagi"
Anime itu menceritakan seorang pemuda berbakat, namun, sangat apatis terhadap sepak bola, bernama Nagi Seishiro. Setelah bertemu dengan Yoichi Isagi dan mengalami tekanan nyata dari program Blue Lock, Nagi mulai menemukan motivasi yang sebenarnya.

Dalam episode ini, Nagi dihadapkan pada tantangan besar yang memaksanya untuk memanfaatkan potensinya sepenuhnya. Di bawah tekanan dan di tengah persaingan yang semakin sengit, Nagi mulai menunjukkan perkembangan signifikan, mengubah cara pandangnya tentang sepak bola dari sekadar permainan menjadi ambisi pribadi. 

4. "My Hero Academia The Movie: You're Next"
Rilis di Jepang pada 2 Agustus, anime itu menceritakan sebuah benteng raksasa tiba-tiba muncul di tengah kota, memicu kekhawatiran di antara para pahlawan yang segera berusaha mencari tahu asal-usulnya dan apa tujuan keberadaannya. 

Benteng tersebut tampaknya memiliki kaitan dengan sosok misterius yang memiliki kemiripan luar biasa dengan All Might, pahlawan legendaris yang telah lama dikenal oleh dunia. 

Jika Anda seorang penggemar "My Hero Academia", film baru itu tidak boleh  dilewatkan.

5. "Look Back"
Rekomendasi anime baru kelima berjudul "Look Back", rilis di Jepang pada 28 Juni 2024. Menceritakan Ayumu Fujino, seorang pencipta manga yang sedang berkembang dan mendapati dirinya terlibat dalam persaingan dengan seorang teman sekelas bernama Kyomoto yang jarang hadir ke sekolah, namun, mampu menggambar dengan sangat brilian.

Fujino kehilangan minat untuk menggambar dan menjauh dari Kyomoto, hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali ketika Fujino harus menyerahkan sertifikat kelulusan kepada Kyomoto. Pertemuan itu memicu serangkaian peristiwa yang tak terduga bagi keduanya.

Film itu dibuat berdasarkan manga one-shot karya Tatsuki Fujimoto, kreator yang terkenal lewat serial populernya ChainsawMan. 

6. "Given The Movie: Hiiragi Mix"
Rilis di Jepang pada 27 Januari, film ini merupakan sekuel dari film "Given" sebelumnya. Kali ini cerita berfokus pada hubungan Hiiragi dan Shizusumi.

"Given The Movie: Hiiragi Mix" belum tersedia di luar Jepang.

7. "My Oni Girl"
Rilis secara global pada 24 Mei, "film ini "My Oni Girl" menceritakan Hiiragi Yatsuse yang kesulitan mendapatkan teman di sekolahnya, meskipun telah berusaha keras untuk membuat orang lain bahagia. Hidupnya berubah secara tak terduga ketika dia bertemu dengan seorang gadis oni muda yang sedang mencari ibunya yang hilang di dunia manusia.

Jika Anda menyukai "A Whisker Away", film itu patut Anda karena disutradarai oleh Tomotaka Shibayama yang merupakan asisten sutradara "A Whisker Away". 

8. "Mononoke the Movie: Karakasa"
Film lain yang wajib masuk rekomendasi anime baru ialah "Mononoke the Movie: Karakasa". Rilis 26 Juli, menceritakan seorang pria misterius yang menjelajahi negara untuk mencari Mononoke, makhluk gaib berbahaya, yang ingin dibunuhnya.

Film itu menghadirkan beberapa pengisi suara yang berbakat seperti, Kenjiro Tsuda yang terkenal karena perannya sebagai Overhaul dari My Hero Academia dan Nanami dari Jujutsu Kaisen, akan memerankan Hokusai Mizorogi. 

9. "Kuramerukagari"
Rilis pada 12 April 2024, anime itu menceritakan tata letak kota yang berubah setiap harinya sehingga menyulitkan penduduknya untuk bernavigasi. Dua penduduk kota, seorang gadis bernama Kagari yang menjalankan bisnis pembuatan peta dan seorang anak laki-laki bernama Yuya yang ingin melarikan diri dari ekskavator batu bara, akhirnya terlibat dalam konspirasi aneh yang dapat mempengaruhi seluruh kota.

Film itu tidak hanya terkait secara tematis dengan anime "Kurayukaba", tapi, juga diciptakan oleh penulis terkenal dan ternama Ryohgo Narita.

10. "Kurayukaba"
Anime yang rilis secara global pada 12 April 2024 itu menceritakan detektif Soutarou dari Agensi Detektif Ootsuji sedang menangani kasus baru yang melibatkan penghilangan massal, yang berkaitan dengan kemunculan kepulan asap ungu.

"Kurayukaba" masih berkaitan dengan anime di daftar sebelumnya, yaitu "Kuramerukagari". Meskipun keduanya dapat ditonton secara terpisah, sangat menyenangkan untuk melihat titik temu antara keduanya.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024