Jakarta (ANTARA) - Kericuhan terjadi antara sejumlah mahasiswa dengan anggota Kepolisian usai Sidang 
Paripurna DPR RI Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025 di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, pada Jumat.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di lapangan, sejumlah mahasiswa melakukan "long march" dari arah Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora untuk melakukan unjuk rasa sekitar pukul 15.53 WIB.
 
Akibat unjuk rasa tersebut, sejumlah jalan terjadi kepadatan namun polisi tidak melakukan penutupan Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda dan Jalan Gelora.
 
Sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara kedua belah pihak namun kelompok mahasiswa akhirnya mundur sehingga tidak terjadi bentrok yang berkepanjangan.
 
 
Sejumlah personel Kepolisian saat pengamanan aksi unjuk rasa di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Jumat (16/8/2024). ANTARA/Ilham Kausar

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden Joko Widodo menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.
 
Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024