malam hari ini kita akan mengikuti upacara renungan suci dan besok pagi momentum yang bersejarah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan siap terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada Jumat malam untuk mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Menteri ATR yang ditemui seusai menghadiri pidato penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2025 dan Nota Keuangan pada Sidang Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2024-2025 di Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa pesawat yang ditumpangi nanti bakal terbang ke Kota Balikpapan, lalu melanjutkan ke IKN.

"Setelah selesai acara di Gedung DPR RI dan MPR RI ini, kami persiapan menumpang pesawat untuk ke Balikpapan, kemudian ke IKN," ujar Menteri ATR.

Menteri ATR menjelaskan bahwa pesawat yang akan membawanya ke IKN dijadwalkan terbang ke Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan terlebih dahulu. Dari Balikpapan, perjalanan akan dilanjutkan menuju Ibu Kota Nusantara.

Dia juga menambahkan bahwa pada malam harinya, dirinya akan mengikuti upacara renungan suci di IKN sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan.

"Insya Allah malam hari ini kita akan mengikuti upacara renungan suci dan besok pagi momentum yang bersejarah (Upacara Bendera HUT Ke-79 RI)," ucap Menteri ATR.

Baca juga: AHY: Pertumbuhan ekonomi-kesejahteraan rakyat demi Indonesia Emas 2045

Baca juga: Menteri AHY bertekad selesaikan pembangunan IKN


Pada Sabtu pagi (17 Agustus 2024), AHY akan menghadiri upacara bendera 17 Agustus 2024 di IKN. Momen ini disebutnya sebagai sejarah, karena untuk pertama kalinya peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan di Ibu Kota Negara yang baru.

"Ini pertama kalinya memperingati Upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara, di Ibu Kota Negara yang baru," tutur AHY.

Pada kesempatan itu, AHY juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat merupakan hal baik penting demi menuju Indonesia Emas 2045.

"Menuju Indonesia Emas 2045 juga semakin progresif, pembangunan pertumbuhan ekonominya bukan hanya maju tapi juga kesejahteraan rakyat makin baik," katanya.

Menurutnya, menuju Indonesia Emas 2045, pembangunan ekonomi tidak hanya harus maju, tetapi juga harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Ia menyampaikan bahwa pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia harus menjadi salah satu prioritas utama. AHY menekankan bahwa pembangunan harus dilakukan dengan adil dari Sabang hingga Merauke.

Dengan pemerataan pembangunan, diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat merasakan manfaat dari kemajuan ekonomi yang dibangun.

Baca juga: Menteri ATR/BPN tegaskan terus selesaikan permasalahan tanah

Baca juga: AHY: Kepastian hukum tanah pacu realisasi investasi asing di IKN


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024