Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologis sebagai dampak hujan dengan intensitas lebat pada sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, lereng barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Tri Anggun Lestari, Jumat.

Ia menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Sabtu (17/8) pagi berpotensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Asahan, Deli Serdang, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Nias Selatan, Nias Utara, Serdang Bedagai.

Sementara pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir hampir di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di sebagian wilayah Sumut
Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir di Sumut


Ia menjelaskan, potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dapat terjadi di Humbang Hasundutan, Langkat, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Serta pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan sedang terjadi di wilayah Langkat, Nias, Nias Selatan, dan sekitarnya.

Dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kota Gunungsitoli, Nias, Nias Utara, dan sekitarnya.

Sementara berdasarkan pantauan sensor medis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terpantau lima titik panas yang tersebar di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Ke-5 titik panas tersebut masing-masing terpantau satu titik di Tapanuli Tengah, satu Asahan, dan tiga titik di Labuhanbatu.

Baca juga: BMKG prakirakan 14 wilayah berpotensi dilanda hujan intensitas ringan
Baca juga: BMKG: Waspada gelombang 3 meter di Samudera Hindia hingga besok pagi

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024