Kami hadirkan aktivitas otentik untuk merayakan kemerdekaan dengan gegap gempita di Candi Prambanan juga aktivitas spiritual di Candi Borobudur
Sleman (ANTARA) - InJourney Destination Management (IDM) menyemarakkan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 dengan menghadirkan Jiwa Raga Merdeka & Promo Geden di destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Keraton Ratu Boko.

"Di momen sukacita Kemerdekaan RI ini IDM mengajak wisatawan yang datang untuk memaknai semangat kemerdekaan melalui pengalaman yang memadukan keindahan alam, sejarah, budaya dengan memadukan aktivitas yang mengolah jiwa dan raga," kata Direktur Komersil IDM Hetty Herawati di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Jiwa Raga Merdeka memadukan aktivitas-aktivitas yang menggugah semangat nasionalisme. Jiwa Merdeka menghadirkan doa bersama dengan aktivitas pradaksina mengelilingi Candi Borobudur.

Sementara, aktivitas Raga Merdeka mengajak wisatawan hidup sehat jasmani dengan aktivitas senam poundfit di Taman Wisata Candi Prambanan.

"Memaknai kemerdekaan bisa dilakukan dengan beragam cara dan aktivitas. Kami hadirkan aktivitas otentik untuk merayakan kemerdekaan dengan gegap gempita di Candi Prambanan namun juga menghadirkan aktivitas spiritual di Candi Borobudur. Semoga dua aktivitas ini bisa memberi warna tersendiri bagi kemeriahan perayaan HUT Ke-79 RI ini," katanya.

Baca juga: PT TWC gandeng RAWHaus kembangkan destinasi Keraton Ratu Boko

Baca juga: Pedagang Borobudur dapat pelatihan peningkatan kualitas wisata


Ia mengatakan Jiwa Raga Merdeka di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan bertema Prambanan Agustusan menjadi aktivitas utama perayaan HUT Ke-79 RI.

"Aktivitas ini menampilkan penampilan menarik berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan beragam lintas komunitas dan UMKM di Yogyakarta," katanya.

Pada 17 Agustus 2024, Prambanan Agustusan melalui program bertajuk Swara Merdeka memboyong Korps Marching Band Universitas Gadjah Mada dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PSM UGM) untuk memeriahkan parade merah putih sambil melantunkan lagu-lagu kebangsaan, daerah maupun pop yang awam di telinga masyarakat.

"Parade berlangsung mulai pukul 14.00 WIB dari Lapangan Siwa sampai Lapangan Sentono, Komplek Taman Wisata Candi Prambanan. Ini akan menjadi sajian yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Sambil berwisata, pengunjung juga bisa turut memperingati momen kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Hetty mengatakan Prambanan Agustusan juga menghadirkan Pasar Medang bernuansa merah putih serta menghadirkan beragam aktivitas yang menyemarakkan peringatan HUT RI.

"Agenda Jiwa Raga Merdeka mengajak peserta berolahraga 'pound fit' menjelang senja di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan," katanya.

Selain itu, Pasar Medang di Prambanan Agustusan juga dimeriahkan dengan aneka perlombaan khas menjelang 17an, seperti lomba makan kerupuk, tarik tambang dan lainnya.

"Berbagai lomba ini bisa diikuti oleh seluruh wisatawan yang berkunjung," katanya.

Ia mengatakan IDM bekerja sama dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM menghadirkan medical "check up mobile" yang bisa diikuti oleh pengunjung secara gratis di area Pasar Medang Prambanan Agustusan.

"Selain itu, RSA UGM juga menyediakan pemeriksaan-pemeriksaan Antropometri serta minuman jamu tradisional," katanya.

Sedangkan kegiatan di Candi Borobudur pada 17 Agustus 2024, IDM bekerja sama dengan Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI) dan Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) mengadakan aktivitas Pradaksina Merdeka atau berjalan sambil berdoa mengelilingi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

"Aktivitas yang diikuti oleh ratusan umat Buddha dari berbagai sangha ini memanjatkan doa untuk bangsa sebagai wujud syukur dalam menyambut dan mengisi kemerdekaan," katanya.

IDM juga merilis Promo Geden Diskon 50 persen Tiket Masuk Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Keraton Ratu Boko untuk tanggal 17 Agustus 2024.

Promo ini dihadirkan khusus bagi wisatawan yang berkunjung langsung ke destinasi dengan menggunakan baju ataupun atribut bernuansa merah putih.

"Kami berharap promo kemerdekaan serta ragam agenda yang kami hadirkan mendorong wisatawan untuk berlibur di destinasi kami sekaligus mempertebal rasa cinta dan bangga terhadap tanah air," katanya.

Program-program menyambut HUT Ke-79 RI ini, kata dia, merupakan bentuk keikutsertaan IDM untuk memeriahkan peringatan HUT RI ini. IDM sebagai pengelola destinasi heritage turut mengajak wisatawan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam menyemarakkan Kemerdekaan RI Tahun 2024.

"Aktivitas-aktivitas ini merupakan visi pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi yang holistik dan otentik. Semoga hal ini bisa memberikan pengalaman spesial di momen kemerdekaan," katanya.

Baca juga: TWC hadirkan aktivitas Tamasya Asmara Keraton Ratu Boko

Baca juga: TWC hadirkan "Prambanan Merchandise Store" hadirkan produk UMKM lokal


 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024