Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI memiliki program Jumat Berbagi atau Jumat Berkah, yakni membagi-bagikan makanan yang higienis dan bergizi kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Pada Jumat ini, program Jumat Berbagi Bakamla RI dilaksanakan oleh kru Kapal Negara (KN) Tanjung Datu 301 yang bersandar di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam.

“Harapannya dengan program Jumat Berbagi ini diterima positif oleh masyarakat yang membutuhkan,” kata Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Rudi Endratmoko.

Baca juga: LAZISNU distribusikan fidyah berkelanjutan melalui Jumat Berbagi

Dia menjelaskan, program Jumat Berbagi Bakamla RI oleh KN Tanjung Datu 301 sudah berjalan selama 3 bulan dengan lokasi yang berbeda0beda di wilayah Kepri.

Hari ini, total 120 porsi makanan higienis dan bergizi dibagikan oleh personel KN Tanjung Datu 301 dengan menyusuri jalan-jalan seputar Kota Batam.

Baca juga: Mengisi bulan Rajab menyongsong Ramadhan dengan berbagi sesama

Tim Jumat Berbagi Bakamla RI yang berjumlah 6 orang tersebut, mendatangi warga seperti penyandang disabilitas, lansia, dan pekerja lapangan untuk membagikan makanan.

“Tim Jumat Berbagi juga sudah disiapkan setiap Jumat pagi untuk berputar-putar di jalan-jalan Kota Batam membagi-bagikan makanan tersebut,” kata Rudi.

Baca juga: Munajat sosial dengan gerakan "Jumat Berkah"

Sebelum di Kota Batam, KN Tanjung Datu 301 juga menggelar kegiatan Jumat Berbagi atau Jumat Bekah di Kabupaten Natuna.

Motivasi dari kegiatan ini, kata dia, dalam rangka berbagi kepada masyarakat di hari Jumat yang diyakini sebagai penuh keberkahan.

Baca juga: Melanjutkan gerakan berbagi nasi kotak saat wabah

KN Tanjung Datu 301 juga baru selesai menjalankan misi kemanusiaan, yakni Sabtu (10/8) menjemput 8 nelayan Natuna yang ditahan oleh otoritas Malaysia.

Nelayan tersebut ditahan sejak April 2024, karena mencari ikan hingga memasuki wilayah Negara Malaysia. Namun, setelah melalui proses persidangan, kedelapan nelayan Natuna tersebut dibebaskan dan dibolehkan pulang.

Baca juga: Menyuarakan gerakan "Jumat Berbagi" dari Desa Bojong
Baca juga: Divonis sebagai ODHA tak halangi Dhea berbagi di Jumat berkah
Baca juga: Tim 'Jumat Barokah' Polda Banten berbagi sesama dan himbau Kamtibmas


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024