Jakarta (ANTARA) - Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 Reda Manthovani menargetkan tim Indonesia meraih satu medali emas, dua perak, dan tiga perunggu pada Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Secara realistis kita menargetkan capaian medali Indonesia pada Paralimpiade Paris 2024 berupa satu emas, dua perak, dan tiga perunggu," ujar Reda Manthovani sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di Jakarta, Jumat.

Reda Manthovani menyampaikan target perolehan medali tersebut ketika melaporkan kesiapan atlet kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Paralympic Training Center, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (15/8).

Ia mengatakan target medali itu dicanangkan dengan mempertimbangkan kesiapan atlet didukung tim ofisial dan pihak terkait lainnya.

"Kami meyakini bahwa target ini akan tercapai melalui upaya dan persiapan yang matang dan serius yang telah dilakukan oleh seluruh olahragawan kita, ofisial, dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan seluruh atlet yang akan berpartisipasi dalam Paralimpiade Paris 2024 telah siap secara fisik dan mental untuk bersaing di arena kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris.

Baca juga: Menpora kukuhkan 35 atlet menuju Paralimpiade Paris 2024

Atlet Paralimpiade Indonesia telah menjalankan pelatnas di Kota Solo dari November 2023 hingga Agustus. Sebanyak 35 atlet telah lolos kualifikasi Paralimpiade Paris 2024.

Menteri Dito Ariotedjo mengatakan dari sisi jumlah atlet untuk Paralimpiade Paris terjadi peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan Paralimpiade sebelumnya dengan 23 atlet.

Ia mengatakan upaya National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dan Kemenpora dengan menjalankan pembinaan yang signifikan, meningkatkan talent scouting yang merata sehingga diharapkan bisa meraih prestasi di Paris.

"Kita doakan apa yang telah dilakukan semoga memberikan hasil yang baik dan potensi medali bisa lebih besar lagi," pungkasnya.

Baca juga: Ketum NPC Indonesia sebut Kemenpora banyak bantu kembangkan atlet
Baca juga: NPC Indonesia luncurkan jersei resmi untuk Paralimpiade Paris


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024