Jakarta (ANTARA) - Jika kucing kesayangan Anda sedang hamil, mungkin Anda merasa penasaran tentang berapa lama masa kehamilan mereka dan apa saja tahap kehamilan kucing. Kucing biasanya dapat mulai hamil pada usia 5-6 bulan Ketika mereka sudah mencapai kematangan seksual dan mengalami siklus birahi atau disebut juga dengan siklus estrus.

Kehamilan kucing pada umumnya akan berlangsung antara 63 hingga 65 hari, atau sekitar sembilan minggu. Namun, ada pengecualian untuk aturan ini. Sama hal nya seperti manusia, kucing terkadang dapat melahirkan sedikit lebih awal atau sedikit lebih lambat dari Waktu perkiraan.

Terdapat lima tahapan pada kehamilan kucing. Dimulai dengan siklus estrus dan diakhiri dengan masa kelahiran. Pada setiap tahap, gejala-gejala spesifik akan membantu Anda untuk memprediksi seberapa dekat kucing Anda untuk melahirkan. Berikut adalah lima fase kehamilan kucing:

1. Pembuahan

Selama siklus estrus kucing betina akan mulai menerima kucing jantan, dan pada siklus tersebut kucing betina dapat hamil dengan cepat. Setelah perkawinan berhasil, kehamilan kucing pun dimulai.

Minggu pertama kehamilan adalah pembuahan. Sperma membuahi sel telur, yang membutuhkan waktu sekitar sepuluh hari.

Sel telur yang telah dibuahi berjalan ke rahim melalui tuba falopi. Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu bagi sel telur yang telah dibuahi untuk bergerak. Setelah sel telur tiba di dalam rahim, plasenta mulai terbentuk, dan embrio berkembang.

2. Tahap awal kehamilan

Pada tahap awal kehamilan, nafsu makan kucing akan meningkat an menyebabkan kenaikan berat badan. Tanda-tanda kehamilan pada kucing juga dapat ditandai dengan puting kucing yang berubah warna menjadi merah muda dan membesar serta perut yang membengkak.

3. Tahap berlangsungnya kehamilan

Pada minggu kelima kehamilan, perkembangan organ hamper selesai. Kelenjar hormon kucing mulai berfungsi, dan sistem saraf berkembang.

Pada minggu keenam kehamilan, beberapa tanda yang akan muncul adalah seperti penambahan berat badan kucing yang terus berlanjut, payudara kucing terus tumbuh, perut bertambah besar dan tanda lainnya adalah kucing akan memiliki perilaku yang disebut dengan quickening.

Quickening adalah ledakan kegembiraan yang tiba-tiba atau “cepat” dari induk kucing. Kucing Anda mungkin akan berlarian atau menunjukkan tanda-tanda kegembiraan lainnya yang tampak tidak biasa.

4. Tahap menuju kelahiran

Tanda-tanda awal persalinan kucing biasanya dimulai sekitar satu minggu sebelum persalinan. Anda mungkin melihat tanda-tanda berikut ini bahwa kucing Anda hampir siap untuk melahirkan:
  • Kucing akan mengeluarkan susu di area puting.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Pergerakan anak kucing di dalam perut.
  • Penurunan suhu dubur.
  • Kucing akan mulai mencari-cari tempat untuk melahirkan.
5. Tahap melahirkan

Saat kucing Anda sudah memasuki waktu untuk melahirkan, ia mungkin akan menunjukkan tanda-tanda berikut ini:
  • Terengah-engah.
  • Mondar-mandir.
  • Puting yang lebih besar dan lebih merah muda.
  • Keluarnya darah dari vagina (pada jam-jam menjelang kelahiran).
  • Anak kucing lahir ke dunia dengan kantung ketuban.
  • Induk kucing akan membantu anak kucing bernapas sendiri dengan menjilati mereka.
  • Induk kucing akan memakan plasenta anak-anaknya.
Itulah tahap-tahap kehamilan pada kucing, terkait berapa lama proses melahirkan akan berlangsung ditentukan oleh berapa banyaknya anak kucing yang di kandung oleh ibu kucing. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga: Ratusan kucing peliharaan Kota Mataram divaksin gratis, cegah rabies

Baca juga: Usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia di bawah enam tahun

Baca juga: Album Asia: Berkunjung ke taman kucing di Selangor, Malaysia

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024