Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate menyampaikan harapan agar penyelenggaraan Forum Indonesia-Afrika (IAF) 2024 dapat menciptakan mekanisme yang memungkinkan penguatan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Afrika.

"Kami yakin, sangat penting untuk memiliki sebuah mekanisme yang memungkinkan kami untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Afrika," kata Dubes Jose Malate setelah mengikuti Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Jumat.

Ia berharap melalui forum tersebut, Mozambik bisa mencapai kesepakatan kerja sama dengan Indonesia dan menemukan cara untuk menjalankan program-program yang ingin dicapai antara kedua negara.

Ia juga berharap forum tersebut dapat mendorong terciptanya mekanisme untuk memastikan pendanaan terhadap program-program tersebut.

Selain itu, dia juga berharap IAF 2024 memberikan kesempatan bagi sektor swasta dari Mozambik untuk menjalin kerja sama lebih luas guna meningkatkan perekonomian negaranya.

"Karena tanggung jawab pembangunan negara tidak hanya diemban pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat," katanya.

Sementara itu, ia juga menyampaikan bahwa akan ada delapan delegasi dari Mozambik yang akan hadir dalam Forum Indonesia-Afrika tahun ini.

Baca juga: Kemlu: IAF jadi forum strategis bagi kepemimpinan Indonesia di Afrika

Delegasi tersebut akan dipimpin oleh Menteri Sumber Daya Mineral dan Energi Mozambik. Dia pun menyayangkan ketidakhadiran kepala negaranya karena penyelenggaraan IAF di Indonesia bertepatan dengan kampanye pemilu.

"Jadi, banyak yang tidak bisa hadir, termasuk kepala negara," kata Jose Malate.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan.

Baca juga: Kemlu: IAF 2024 fokus pada penguatan kerja sama pembangunan di Afrika

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024