Lhasa (ANTARA) - Peraturan tentang perlindungan gletser di Daerah Otonom Xizang akan mulai berlaku pada 1 Oktober 2024, yang merupakan pencapaian signifikan dalam undang-undang perlindungan ekologis dan lingkungan hidup di daerah tersebut, menurut sebuah pernyataan pers pada Kamis (15/8).

Peraturan tersebut memberikan panduan spesifik bagi pemerintah dan departemen terkait di area gletser, memperkenalkan sistem tanggung jawab dan mekanisme evaluasi kinerja untuk tujuan perlindungan gletser, serta menetapkan serangkaian hukuman untuk tindakan pelanggaran.

Peraturan itu akan secara efektif melindungi sumber daya gletser, memastikan keamanan ekologis Dataran Tinggi Qinghai-Xizang, dan berkontribusi terhadap pelestarian flora, fauna, serta lanskap dataran tinggi tersebut, ujar Zhao Guiying, wakil direktur Komisi Urusan Legislatif Komite Tetap Kongres Rakyat Daerah Otonom Xizang.

Xizang merupakan rumah bagi 41 persen dari total gletser di China, 16,5 persen sumber daya air, 30 persen padang rumput, 18,3 persen lahan basah, dan 40 persen area danau di negara tersebut.

Peraturan ini dikeluarkan setelah undang-undang China tentang konservasi ekologis di Dataran Tinggi Qinghai-Xizang diberlakukan pada September 2023, yang merupakan undang-undang tingkat negara pertama yang secara khusus mengatur konservasi ekologis di dataran tinggi tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024