Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI 2024, dan menyebutnya sebagai upacara yang luar biasa.

"Sebuah upacara yang luar biasa untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79," kata Penny Williams setelah turut hadir dalam sidang tahunan tersebut yang diadakan di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta pada Jumat.

Penny mengatakan dia sangat senang dan bangga bisa menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada sidang tahunan tersebut, terutama pada masa pemerintahan Jokowi yang akan segera berakhir tahun ini.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan kinerja pemerintahannya yang telah berlangsung selama dua periode.

Adapun hubungan bilateral Indonesia dengan Australia telah berlangsung selama 75 tahun dan telah menghasilkan berbagai kesepakatan, termasuk Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia.

Baca juga: RI, Australia luncurkan Rencana Kemitraan Pembangunan lima tahun

Sementara itu, Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan.

Baca juga: RI, Australia tandatangani kesepakatan kepabeanan

Baca juga: RI-Australia bahas pemetaan rantai pasok kendaraan listrik

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024