Pangkalpinang (ANTARA) - Dosen Fakultas Pertanian Perikanan dan Kelautan Universitas Bangka Belitung (UBB) M. Rizza Muftiadi menyebutkan, Perum LKBN ANTARA Biro Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut Pulau Putri Kabupaten Bangka, dalam memperingati HUT Ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu (17/8).

"UBB mendukung penuh rangkaian kegiatan Perum LKBN ANTARA Biro Babel dalam memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini," kata M. Rizza Muftiadi di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Wali Kota Sabang dan Forkopimda kibarkan bendera di dasar laut

Ia mengatakan, Perum LKBN ANTARA Biro Kepulauan Babel dalam memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI akan melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih, transplantasi terumbu karang di dasar laut Pulau Putri Bangka serta kegiatan bersih-bersih lingkungan pantai di pulau tersebut.

"Kegiatan transplantasi terumbu karang ini sebagai respons terhadap kondisi terumbu karang di Pulau Bangka yang mulai terganggu," katanya,

Baca juga: 35 peserta kibarkan bendera merah putih di dasar laut Sabang

Menurut dia, program ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan keberlanjutan ekosistem laut di Pulau Bangka.

"Melalui sinergi dengan para mitra strategis, kami berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga keanekaragaman hayati laut dan mendukung pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan visi Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan," katanya.

Baca juga: 50 peselam kibarkan Merah Putih di dasar Teluk Lampung saat HUT RI

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Babel Joko Susilo mengatakan, kegiatan pengibaran bendera, penanaman terumbu karang dan bersih-bersih pantai di Pulau Putri itu selain dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, juga sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perum LKBN ANTARA Biro Kepulauan Babel.

Ia mengatakan, kegiatan pengibaran bendera, transplantasi terumbu karang dan bersih-bersih pantai di Pulau Putri Bangka ini berkolaborasi dengan UBB, PT Timah Tbk, Pertamina Sumbagsel dan Pokdarwis Pulau Putri Bangka.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dari PT Timah Tbk, Pertamina, UBB dan masyarakat dalam mendukung kegiatan ini dan semoga besok red-Sabtu (17/8) cuaca bersahabat dan kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan berarti," katanya. ***2***

Baca juga: Penyelam Lantamal VI kibarkan bendera merah putih di dasar laut
Baca juga: HUT RI, Polda Sumbar kibarkan Merah Putih di dasar laut

Pewarta: Aprionis
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024