Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberdayakan sejumlah peternak yang termasuk dalam kategori penerima zakat (mustahik) di Desa Giri, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dengan meresmikan Program Balai Ternak.

"Balai Ternak Baznas merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis peternakan," kata Pimpinan Baznas RI Pembina Wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Nur Chamdani melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Nur mengatakan kegiatan ini merupakan upaya dalam mengembangkan ekonomi mustahik dan memberdayakan mereka hingga bisa menunaikan zakat atau menjadi muzaki.

Program ini, kata dia, melibatkan 20 peternak dengan jumlah ternak per Agustus 2024 sebanyak 158 domba terdiri dari enam pejantan Dorper, 72  Bakalan jantan, dan 80 induk betina.

Baca juga: Program Balai Ternak Baznas tingkatkan ekonomi peternak di Banyumas

"Alhamdulillah, kandang domba secara keseluruhan telah selesai, terdiri dari kandang indukan dan kandang bakalan," jelasnya.

Dengan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, Baznas, para peternak, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, pihaknya optimistis Balai Ternak Baznas akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Lamongan.

"Mari kita bersama-sama berdoa dan berikhtiar agar program ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat. Semoga Allah Subhabahu Wa Ta'ala (SWT) senantiasa meridhai setiap langkah kita dalam mengembangkan dan memajukan bangsa ini," ujarnya.

Baca juga: Baznas luncurkan Balai Ternak untuk memberdayakan mustahik di Banyumas

Program ini disambut baik oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Menurutnya, peluncuran Balai Ternak Baznas ini merupakan langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi peternak di Lamongan.

"Semoga kolaborasi antara Baznas, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat terus berjalan dengan baik, dan mendapatkan hasil yang optimal bagi kemajuan masyarakat di Kabupaten Lamongan," ucapnya.

Untuk diketahui, Balai Ternak Baznas merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan, yang memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak, dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil.

Baca juga: Baznas berdayakan mustahik di Kulon Progo melalui Program Balai Ternak

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024