Jakarta (ANTARA) -
GM Susanto Megaranto dan IM Yoseph Taher segel gelar juara JAPFA Duel Chess Match 2024 yang berlangsung daring.

GM Susanto Megaranto mengatasi perlawanan dari GM Novendra Priasmoro. Sedangkan IM Yoseph Taher menaklukkan IM Farid Firmansyah. Keduanya memenangkan duel dengan 7 poin melawan 5 poin.

“Pertandingan yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan salah satu inisiatif untuk mengajak masyarakat menikmati pertandingan catur dengan siaran langsung,” ujar VP Head of Social Investment JAPFA R Artsanti Alif dalam keterangan resmi, Jumat.

Pertandingan JAPFA Chess Duel Match 2024 yang menjadi ajang pemanasan dari JAPFA chess festival berlangsung sejak Selasa (13/8) hingga Kamis (15/8). Siaran langsung perhelatan di kanal youtube JAPFA Indonesia tersebut berlangsung selama sembilan babak dengan tiga kategori pertandingan.

JAPFA Chess Duel Match menggunakan kategori pertandingan Catur Standar (tiga babak), Catur Cepat (tiga babak), dan Catur Kilat (tiga babak). Pemenang ditentukan berdasarkan hasil poin kemenangan rekapitulasi dari tiga nomor tersebut.

“Ketiga kategori pertandingan tersebut kami persiapkan sebagai strategi untuk menguji kemampuan keempat pecatur di masing-masing kategori,” jelas Artsanti.

“Pertandingan ini selain menjadi sarana uji kemampuan juga menjadi sarana pembelajaran bagi para pecatur lainnya. Pertandingan ini dapat terus dinikmati oleh para penggemar catur dengan melihat tayangan pertandingan serta analisa pertandingan oleh IM Tirta Chandra dan WFM Alya Sekar,” imbuhnya.

Baca juga: Indonesia sapu bersih medali emas di Eastren Asian Junior 2024

Artsanti menjelaskan JAPFA ingin mengenalkan pertandingan catur yang juga dapat dinikmati oleh masyarakat pada umumnya karena seringkali pertandingan catur hanya dimengerti para pecatur. "Melalui pertandingan dengan komentator kami ingin menyasar khalayak lebih luas untuk juga dapat menikmati serunya pertandingan catur​," katanya.

Arsanti menjelaskan bahwa JAPFA pada minggu lalu juga menyelenggarakan JAPFA Chess Street Challenge dan akan melangsungkan JAPFA Fun Chess untuk mengenalkan catur kepada masyarakat dengan format yang lebih ceria dan baru.

“Nantinya puncak dari rangkaian kegiatan ini adalah JAPFA Chess Festival yang merupakan perhelatan rutin JAPFA yang akan berlangsung pada tanggal 17-23 Agustus di Gedung Serbaguna Senayan. Kali ini pertandingan berlangsung dalam tiga kategori yaitu catur klasik, catur kilat dan catur cepat,” tutup Artsanti.

Baca juga: Pecatur Magnus Carlsen resmi berseragam St.Pauli
Baca juga: IM Aditya Bagus ingin ikuti jejak idolanya, Utut Adianto

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024