Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan sikap kenegarawanan dengan menyampaikan permohonan maaf dalam pidato yang disampaikan pada Sidang Tahunan MPR, Jumat.

"Beliau menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua, kepada bangsa Indonesia. Beliau mengatakan sudah melakukan yang terbaik. Tetapi beliau sadar mungkin belum bisa memenuhi seluruh harapan bangsa Indonesia," kata Habiburokhman usai mendengarkan Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta Pusat.

Baca juga: Presiden dan Wapres minta maaf untuk harapan yang belum bisa terwujud

Menurut Habiburokhman, Jokowi telah memberikan yang terbaik di berbagai bidang seperti pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur hingga penegakan hukum.

Capaian tersebut pun sempat disebutkan Jokowi ketika menyampaikan pidato kenegaraan.

Habiburokhman berharap seluruh capaiannya tersebut dapat diteruskan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto beserta jajaran kabinetnya.

"Kita berharap kepemimpinan ke depan, pak Prabowo, bisa minimal sama baiknya dengan pak Jokowi atau bahkan lebih baik dari pak Jokowi," kata Habiburokhman.

Baca juga: Presiden sampaikan terima kasih pada rakyat lalui 10 tahun dengan kuat

Sebelumnya, Jokowi dalam pidatonya menyatakan optimistis visi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dengan persatuan dan kerja sama semua pihak.

"Saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, dia juga menyadari bahwa hasil yang telah dicapai saat ini belum sepenuhnya tuntas mencapai hasil akhir. Hal ini mengingat masa pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin yang menyisakan waktu sekitar 2 bulan lagi.

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas segala keterbatasannya.

Baca juga: Jokowi ke Prabowo: Izinkan saya serahkan tongkat estafet kepemimpinan
Baca juga: DPP PDIP: Permintaan maaf Presiden Jokowi di Sidang Tahunan hal wajar

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024