Jakarta (ANTARA) - Penyanyi sekaligus Aktor Ali Mensan mengungkapkan antusiasmenya dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI dan momen 17 Agustus selalu membawa nostalgia tersendiri, terutama soal upacara bendera yang dikangeninya, karena sering dilakukan saat masa sekolah.

Tak sampai di situ, ternyata ragam lomba yang setiap tahun semakin berkembang dan unik membuatnya penasaran untuk mengikuti dan meramaikan perayaan HUT RI dengan lomba.

"Pengin ikut lomba yang unik-unik, kayak yang pernah saya lihat di sosial media. Ada lomba yang matanya ditutup pakai kertas corong, jadi cuman ada lubang kecil buat melihat. Seru banget, jadi pengin ikutan lomba-lomba yang belum pernah ada waktu kecil dulu," kata Ali Mensan saat mengunjungi ANTARA Heritage Center beberapa waktu lalu.

Baca juga: Harapan Hedi Yunus untuk industri musik di momentum HUT ke-79 RI

Selain membahas semarak lomba, Ali juga menyinggung pentingnya makna kemerdekaan di era modern. Baginya, meski Indonesia sudah merdeka secara fisik, masih ada bentuk penjajahan terselubung yang perlu diwaspadai, terutama ketergantungan pada produk atau budaya asing.

"Rasanya sekarang sudah bebas, semua orang punya kebebasan berpendapat dan memilih platform apa saja. Tapi penjajahan itu sekarang terselubung. Kita perlu waspada dan tetap memajukan produk-produk lokal," tambahnya.

Ali juga mengingatkan generasi muda untuk tidak terlena dengan kemudahan yang ada saat ini. Menurutnya, meskipun teknologi semakin maju, semangat untuk terus belajar dan keluar dari zona nyaman harus tetap dipupuk.

Baca juga: HUT Ke-79 RI, Andien berharap inklusivitas tercapai

"Generasi sekarang harusnya bersyukur dengan semua kemudahan, tapi jangan sampai terlena dan jadi manja. Coba keluar dari zona nyaman, eksplorasi hal-hal baru, dan terus belajar. Jangan sampai terjajah di dalam zona nyaman," pesannya.

Dengan semangat menyambut Hari Kemerdekaan, Ali Mensan berharap momen ini bisa menjadi pengingat bagi semua orang untuk tetap bersatu dan terus menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga: Makna perayaan Hari Kemerdekaan bagi aktris Ersya Aurel

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024