Kegiatan kerja bakti ini melibatkan 400 personel gabungan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia dengan menyelenggarakan kerja bakti membersihkan kawasan Lapangan Banteng, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat.
 
"Kegiatan itu merupakan rangkaian persiapan penyelenggaraan upacara  Kemerdekaan Republik Indonesia di tempat kami," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di lokasi kerja bakti.
 
Kegiatan kerja bakti ini melibatkan 400 personel gabungan dari unsur Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, Lingkungan Hidup, Satpol PP, Perhubungan, Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut), serta pekerja sosial masyarakat.
 
"Rencananya esok kami akan  upacara pengibaran bendera di Lapangan Banteng. Karena itu hari ini kita melakukan kerja bakti untuk mempersiapkannya," ujar Dhany.
 
Dhany menjelaskan kegiatan kerja bakti ini tidak hanya melakukan pembersihan kawasan. Kegiatan kerja bakti ini juga melakukan pemangkasan pohon, penataan taman, dan merapikan kanstin pedestrian.
 
Kegiatan upacara bendera di kawasan Lapangan Banteng ini nantinya tidak hanya diikuti ASN dan akan melibatkan unsur Forum Pimpinan Kota (Forkopimko), legiun veteran dan unsur masyarakat yang diundang. Pihaknya menargetkan diikuti sebanyak 3.000 peserta.
 
"Harapannya upacara bendera ini semakin menumbuhkan kecintaan tanah air dan menanamkan nilai dalam diri kita meraih kemerdekaan bukan hal mudah, tapi butuh perjuangan dan pengorbanan. Karena itu kita harus punya semangat patriotisme, cinta tanah air dan kerja keras dalam mengisi kemerdekaan," jelas Dhany.
 
Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan dalam kegiatan ini juga dilakukan penanaman sebanyak 17 pohon pelindung. Penanaman pohon dengan jumlah 17 tersebut melambangkan semangat Kemerdekaan.
 
"Sebanyak 17 pohon pelindung itu terdiri pohon mahoni dan kamboja. Semoga keberadaan ini nantinya bisa menambah teduh kawasan dan mengatasi dampak pencemaran udara," ujar Mila.
Baca juga: Heru Budi kukuhkan anggota Paskibraka DKI Jakarta
Baca juga: Jakpus bagikan 500 aksesoris bendera merah putih sambut HUT ke-79 RI
Baca juga: Kelurahan Kemayoran meriahkan HUT ke-79 RI lewat Fun Tenis Meja Cup

 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024