Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan selama sepuluh tahun pemerintahannya telah membangun infrastruktur dari daerah pinggiran dan terluar atau Indonesiasentris, mulai dari jembatan hingga bendungan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat.

"Alhamdulillah, selama sepuluh tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesia-sentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar," kata Presiden Jokowi seperti dalam tayangan langsung melalui akun YouTube DPR RI yang disaksikan di Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi mencatat bahwa hingga saat ini, pemerintah di bawah kepemimpinannya telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa; 1,9 juta meter jembatan desa; 2.700 kilometer jalan tol baru.

Kemudian, sepanjang 6.000 kilometer jalan nasional; 50 pelabuhan dan bandara baru; 43 bendungan baru dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru.

Dengan pembangunan tersebut, Indonesia berhasil menurunkan biaya logistik dari 24 persen menjadi 14 persen pada 2023, sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Presiden merinci bahwa indeks daya saing Indonesia melesat ke peringkat 27 di tahun 2024 dari sebelumnya di peringkat 44.

"Sehingga kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan," kata Presiden.

Baca juga: Presiden sampaikan terima kasih pada rakyat lalui 10 tahun dengan kuat

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama, acara akan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB untuk melaksanakan Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN Tahun 2025. 

Baca juga: Jokowi ke Prabowo: Izinkan saya serahkan tongkat estafet kepemimpinan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024