Jakarta (ANTARA) - Pengadilan Los Angeles melalui Jaksa AS Martin Estreda telah mendakwa lima orang yang berhubungan dengan kematian aktor "Friends" Matthew Perry terkait overdosis ketamin.

Ditulis laman Deadline Kamis (15/8), pengumuman yang dilakukan pada hari Kamis lima orang terdakwa tersebut termasuk asisten rumah tangga, dua orang dokter, dan seorang wanita yang dikenal sebagai "Ratu Ketamin".

Estrada mengatakan para terdakwa merupakan bagian dari jaringan kriminal bawah tanah yang luas yang memasok ketamin kepada Perry dan orang lain. Ia mengatakan para tersangka memanfaatkan masalah kecanduan Tn. Perry untuk memperkaya diri mereka sendiri.

Baca juga: Matthew Perry "Friends" meninggal usia 54 tahun

"Dua dari lima orang tersebut telah ditangkap Jasveen Sangha (41) alias “Ratu Ketamin,” dari North Hollywood, dan Dr. Salvador Plasencia (42) alias “Dr. P,” dari Santa Monica," kata Estrada.

Yang lainnya adalah Eric Fleming (54) dari Hawthorne, yang mengaku bersalah pada 8 Agustus atas satu tuduhan konspirasi untuk mendistribusikan ketamin dan satu tuduhan distribusi ketamin yang mengakibatkan kematian, mengakui bahwa ia mendistribusikan ketamin yang membunuh Perry, menurut jaksa penuntut.

Yang juga didakwa adalah Kenneth Iwamasa (59) dari Toluca Lake, asisten Perry yang tinggal di rumah, dan Dr. Mark Chavez (54), dari San Diego, seorang dokter yang telah setuju mengaku bersalah atas satu tuduhan konspirasi untuk mendistribusikan ketamin.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kematian aktor Matthew Perry

Plasencia mengetahui bahwa Perry, yang riwayat kecanduan narkobanya terdokumentasi dengan baik, tertarik untuk memperoleh ketamin.

"Para terdakwa ini memanfaatkan masalah kecanduan Tn. Perry untuk memperkaya diri mereka sendiri. Mereka tahu apa yang mereka lakukan itu salah," kata Estrada.

Sebelumnya, pada 28 Oktober 2023 Perry meninggal pada usia 54 tahun di rumahnya di Los Angeles. Pada tanggal 15 Desember 2023, Kantor Pemeriksa Medis Daerah Los Angeles menyatakan bahwa Perry meninggal karena "efek akut ketamin".

Laporan otopsi juga menyebutkan tenggelam dalam air, penyakit arteri koroner, dan efek buprenorfin, obat yang digunakan untuk mengobati gangguan penggunaan opioid, sebagai penyebab kematiannya.

Baca juga: Hasil otopsi ungkap penyebab meninggalnya Matthew Perry

Baca juga: Matthew Perry tidak ingin ada film "Friends"


Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024