Jakarta (ANTARA) - Komite Festival Film Indonesia (FFI) berkomitmen mendukung para sineas muda untuk meningkatkan kualitas produksi film serta memperluas jaringan distribusi film.

"Kami akan melakukan berbagai program dan inisiatif untuk mendukung para sineas muda meningkatkan kualitas produksi film serta memperluas jaringan distribusi film Indonesia," kata Ketua Komite FFI 2024-2026 Ario Bayu dalam siaran pers komite di Jakarta, Jumat.

Komitmen dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan FFI 2024,​ yang mengangkat tema "Merandai Cakrawala Sinema Indonesia."

Melalui tema itu, FFI 2024 menyoroti upaya para sineas dalam mengeksplorasi bahasa sinema yang khas dan unik, yang memperkuat identitas film Indonesia di kancah internasional.

Ario Bayu menilai insan perfilman Indonesia sudah semakin berani bereksperimen, dan hal itu antara lain terlihat dari perkembangan eksplorasi bahasa sinema, termasuk narasi serta penggunaan dialek dan latar budaya dari berbagai daerah.

Baca juga: Komite FFI umumkan 5 Duta FFI 2024

Baca juga: Merandai Cakrawala Sinema Indonesia jadi tema FFI 2024

Ketua Bidang Penjurian FFI 2024-2026 Budi Irawanto menyampaikan bahwa film-film yang diproduksi oleh sineas Indonesia semakin beragam serta menggunakan cara tutur yang segar dan berbeda.

"Proses pencarian dan eksplorasi bahasa sinema yang dilakukan oleh para sineas telah melahirkan karya-karya yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat internasional. FFI 2024 akan menjadi platform yang tepat untuk mendorong eksplorasi lebih lanjut dan merangkul kekhasan sinema Indonesia," kata Budi.

Penyelenggara FFI 2024 masih membuka pendaftaran karya kritik film, film cerita panjang, serta film non-cerita panjang yang terdiri atas film cerita pendek, film dokumenter panjang, film dokumenter pendek, film animasi panjang, dan film animasi pendek.

Pendaftaran peserta FFI 2024 akan ditutup pada 31 Agustus 2024 dan nominasi penerima penghargaan akan diumumkan pada 18 Oktober 2024.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2024 menurut rencana dilaksanakan pada 20 November 2024.

Baca juga: Prilly senang mengemban tugas sebagai Ketua Pelaksana FFI

Baca juga: Kemendikbud sebut peran FFI semakin vital dalam perfilman Indonesia

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024