Ambon (ANTARA) - Dua kelompok nelayan di Kota Ambon, Maluku menerima bantuan perahu fiber kapasitas 1,5 GT dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Penyerahan bantuan perahu diwakili oleh Sentra Wasana Bahagia Ternate, Maluku Utara kepada penerima bantuan di lokasi pembuatan perahu fiber, CV Fajar Bahari Maritim, Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat..

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Jhon Slarmanat menyampaikan terima kasih kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini atas bantuan kepada nelayan setempat.

"Tidak semua nelayan di Ambon mendapatkan kesempatan ini, sehingga harus disyukuri dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, " katanya.

Perwakilan Sentra Wasana Bahagia Ternate, Anisa menyatakan, penyerahan kapal merupakan upaya Kemensos dalam meningkatkan kapasitas produksi para nelayan sekaligus menanggulangi kemiskinan.

Data menunjukkan, komunitas nelayan menjadi salah satu dari kantong kemiskinan selain petani dan para pekerja UMKM.

Baca juga: Pemkab Siak berikan bantuan 15 unit perahu kepada nelayan

Sementara di sisi lain, potensi laut cukup baik dan bisa dikembangkan untuk meningkatkan taraf kehidupan nelayan, termasuk nelayan di kedua daerah.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk menambah penghasilan agar nelayan kota Ambon lebih sejahtera.

Selaku UPT Kemensos RI, pihak sentra Wasana Bahagia Ternate akan melakukan monitoring terhadap nelayan penerima bantuan.

Ke depan Kemensos juga akan menyalurkan bantuan empat unit perahu fiber bermesin kepada kelompok nelayan di kecamatan Teluk Ambon.

Untuk diketahui selain bantuan Perahu Fiber kapasitas 1,5 GT, masing-masing kelompok nelayan juga menerima paket alat pancing dan jaring ikan.

Baca juga: DPKHP Cianjur salurkan bantuan perahu untuk 40 nelayan

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024