Produk video bar terbaru yang memiliki fitur AV pintar, menggunakan bahan plastik yang telah didaur ulang, serta mudah dipakai di ruang rapat dengan koneksi USB

Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Logitech meluncurkan MeetUp 2, USB conference camera yang didukung kecerdasan buatan (AI), serta didesain untuk konfigurasi penggunaan dengan skema bring-your-own device (BYOD) dan PC di ruang pertemuan yang sempit dan kecil. Kamera generasi baru ini merupakan versi modern dari produk ikonis Logitech MeetUp, conference camera terlaris dalam sejarah Logitech, terjual hingga lebih dari satu juta unit.

"Mudah dikenali, MeetUp mengirim video dari ruang rapat ke ruang pertemuan yang sempit. Dengan demikian, kolaborasi video tersedia dan terjangkau setiap orang," ujar Alistair Johnston, Head, Collaboration, Futuresource Consulting. Kini, MeetUp 2 siap hadir kembali sebagai sebuah terobosan, terutama ketika sejumlah perusahaan dengan format kerja hibrida semakin membutuhkan teknologi di ruang rapat kecil (huddle room).

Setelah huddle room marak digunakan, teknologi video conferencing pun harus dapat memenuhi berbagai skema bekerja, termasuk pekerja yang menggunakan PC khusus atau memakai laptop dengan skema BYOD. Logitech telah memanfaatkan fitur-fitur AI pada peranti ruang pertemuan selama bertahun-tahun. Lewat fitur-fitur ini, Logitech mewujudkan pengalaman yang mengutamakan manusia dan mempererat interaksi antara peserta rapat (tanpa harus dikendalikan secara manual). MeetUp 2 kini didesain dengan fitur-fitur pintar tersebut.

MeetUp 2 mengganti komponen yang terbuat dari bahan plastik baru dengan plastik yang telah didaur ulang dari barang elektronik bekas

"Kualitas kolaborasi kini menjadi pertimbangan penting, mengingat dampaknya pada produktivitas dan efisiensi. Logitech MeetUp 2 memperlancar diskusi dalam pertemuan dan huddle room berkat kapabilitas AI yang tersedia pada fitur RightSight 2. Fitur ini menghasilkan tampilan dinamis yang menyatukan peserta yang berpartisipasi secara jarak jauh dalam rapat virtual," jelas  Michael Long, Country B2B Head, Logitech Southeast Asia. "Lebih lagi, tim TI bisa memantau dan melakukan pembaruan pada perangkat MeetUp2 dari jarak jauh agar kapabilitas produk selalu mengalami peningkatan."

MeetUp 2, didesain untuk enam peserta di ruang rapat kecil, mudah digunakan dengan sambungan USB dan terhubung dengan perangkat komputer di ruang rapat atau skema BYOD yang terkoneksi laptop

Pengalaman Intelligent Meeting

Berkat fitur video AI dari RightSight 2, peserta virtual memperoleh pengalaman yang sama dengan peserta rapat yang berada dalam ruangan lewat teknologi pintar yang secara otomatis mengatur fokus dan komposisi tampilan video (frame)--baik berfokus pada alat pengeras suara, kelompok peserta, atau peserta individual. Untuk kejernihan audio, RightSound 2 memakai algoritma berbasiskan AI yang menyeimbangkan suara dan menyaring suara yang mengganggu. RightSound 2 juga mengurangi gema di ruangan yang memantulkan suara. MeetUp 2 kompatibel dengan platform video conferencing populer, seperti Microsoft Teams, Zoom, dan Google Meet. Dengan demikian, pengguna MeetUp 2 bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti Zoom Rooms Smart Gallery yang menayangkan peserta yang berada dalam ruang rapat secara individual; serta, Microsoft Intelliframe yang secara otomatis menempatkan peserta rapat dalam tampilan video agar setiap orang terlihat.

Prinsip Design for Sustainability

Staf pengadaan peralatan TI semakin dituntut untuk membeli teknologi yang tidak merusak lingkungan hidup. MeetUp 2 dikembangkan dengan prinsip Design for Sustainability (DfS) agar tim produk mengutamakan desain yang tidak merusak alam dan lebih sirkular.

"Kami membantu pelanggan perusahaan menjaga jejak karbon secara lebih baik," ujar Prakash Arunkundrum, Chief Operating Officer, Logitech. "MeetUp 2 merupakan produk video conferencing terbaru kami yang melambangkan komitmen Logitech dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup."

MeetUp 2 mengganti komponen yang terbuat dari bahan plastik baru (virgin plastic) dengan plastik bekas yang telah didaur ulang. Dengan demikian, bahan plastik dari barang elektronik bekas digunakan kembali. Komponen plastik pada MeetUp 2 mengandung 62% bahan plastik yang telah didaur ulang, persentase tertinggi di antara produk serupa yang tersedia di pasar saat ini. Dengan memilih bahan plastik yang telah didaur ulang alih-alih bahan plastik baru, MeetUp 2 menghemat 15,5 tCO2e per 10.000 unit*. Maka, staf pengadaan peranti TI bisa mengurangi emisi tidak langsung Cakupan 3 untuk perusahaannya.

Agar merek-merek lain menggunakan pendekatan DfS, Logitech berbagi pengalaman secara terbuka mengenai cara mengintegrasikan bahan plastik yang telah didaur ulang dalam proses produksi. MeetUp 2 juga memakai kemasan kertas yang dipasok dari hutan-hutan bersertifikasi FSC™ dan sumber bahan baku lain yang terjaga kualitasnya.

Pengalaman BYOD yang Lebih Baik

MeetUp 2, didesain untuk enam peserta di ruang rapat kecil, mudah digunakan dengan sambungan USB dan terhubung dengan perangkat komputer di ruang rapat atau skema BYOD yang terkoneksi laptop.

Dalam skema BYOD, pengguna mudah menghubungkan laptop atau perangkat seluler dengan MeetUp 2 lewat Kabel Logitech Active USB sebagai produk opsional untuk melakukan rapat dengan format video dari platform pilihannya. Sementara, admin TI dapat memantau status ruang rapat, melakukan pembaruan, serta mengatur konfigurasi lewat ethernet atau WiFi melalui Logitech Sync. Saat MeetUp 2 tidak dipakai untuk aktivitas rapat, layar di ruang rapat bisa berfungsi sebagai digital signage dan menampilkan konten khusus seperti logo perusahaan atau instruksi pemakaian ruangan lewat Logitech Sync dan AppSpace.

Harga dan Ketersediaan Produk

MeetUp 2 merupakan bagian dari lini produk conference camera Logitech yang dirancang untuk setiap orang yang beraktivitas di semua jenis ruangan, mulai dari ruang rapat kecil hingga ruang rapat berukuran besar. MeetUp 2 tersedia di Indonesia pada bulan September dengan harga sebesar IDR 19.210.000. Produk ini dijual secara global melalui distributor resmi. Berikut informasi ketersediaan produk MeetUp 2  di setiap negara di Asia Tenggara:

  • Telah tersedia di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam
  • Tersedia di Filipina dan Indonesia mulai minggu pertama pada September
Tentang Logitech

Logitech mendesain solusi perangkat keras yang didukung perangkat lunak. Solusi-solusi Logitech mendukung perkembangan bisnis, serta menyatukan berbagai orang ketika bekerja, bermain gim, dan melakukan streaming. Menghubungkan manusia dan dunia digital, Logitech memperluas potensi manusia saat bekerja dan bermain gim lewat cara-cara yang berdampak positif bagi manusia dan bumi. Berdiri pada 1981, Logitech International adalah perusahaan publik asal Swiss yang terdaftar di Bursa Efek SIX Swiss (LOGN) dan Nasdaq Global Select Market (LOGI). Informasi lebih lanjut tentang Logitech dan merek-merek lain milik Logitech, termasuk Logitech G tersedia di www.logitech.comblog Logitech atau @LogitechBiz.

*Estimasi tentang emisi karbon dihitung dengan membandingkan skenario desain produk tanpa bahan PCR.

  1. Berat komponen, kandungan PCR, dan jenis material dalam penghitungan estimasi emisi karbon berasal dari kalkulasi persentase PCR yang dikirimkan kepada SCS Global Services untuk keperluan sertifikasi
  2. Informasi detail tentang bahan ini berasal dari pihak pemasok bahan baku Logitech, atau bahan resin serupa dari pihak pemasok kedua
  3. Zat aditif dalam jumlah kecil pada bahan resin tidak dimasukkan dalam penghitungan estimasi penurunan emisi karbon
  4. Faktor-faktor emisi karbon dalam penghitungan estimasi emisi karbon berasal dari bank data GaBi

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024