Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Larantuka, Nusa Tenggara Timur pada Jumat pagi ini.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Jumat, melaporkan pusat gempa berada di laut pada kedalaman 226 kilometer atau 27 kilometer arah timur laut Larantuka, NTT.

Selain Larantuka, gempa tersebut pada pukul 08.16 WIB juga dirasakan sampai ke Kabupaten Lembata, Maumere dan Sikka, NTT yang berjarak 108 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau untuk waspada dan tetap tenang dengan tidak terpengaruh oleh isu yang diragukan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca juga: Gempa 5,2 magnitudo guncang Banten

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024