Kapasitas parkir dapat menampung lebih dari 135 unit kendaraan
Kupang, NTT (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan lahan parkir seluas 2.230 m2 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, guna mendukung puncak Festival Golo Koe Assumpta Nusantara di kawasan pariwisata itu.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan yang diterima di Kupang, NTT, Jumat, mengatakan penyediaan lahar parkir itu bagian dari kerja sama ASDP Cabang Sape dengan Dinas Perhubungan Manggarai Barat sebagai wujud dukungan atas terselenggaranya salah satu giat Karisma Event Nusantara (KEN).

"Tidak hanya support penyediaan lahan parkir, dishub dan ASDP melakukan penyesuaian jadwal kapal selama festival berlangsung untuk mengakomodir 1.000 peserta tetap dari paroki, komunitas biara, dan lembaga pendidikan se-Keuskupan Ruteng, serta para wisatawan Nusantara dan mancanegara yang ingin merasakan langsung festival keagamaan daerah," jelasnya.

Adapun kapasitas parkir dapat menampung lebih dari 135 unit kendaraan dengan rincian 100 unit motor, 25 unit mobil, 8 unit truk, dan 2 unit tronton.

Jarak tempuh dari lahan parkir hingga ke lokasi festival hanya berjarak 400 meter jika melewati jalan utama dan 250 meter jika melewati jalan Promenade penghubung.

Sementara itu, saat ini ASDP Cabang Sape melayani lintasan Sape-Labuan Bajo, Labuan Bajo-Pulau Rinca, dan Labuan Bajo-Waingapu. Pulau Rinca merupakan daya tarik destinasi wisata mancanegara karena di pulau tersebut terdapat camping ground dan wisata Pulau Komodo.

Melengkapi layanan kepada wisatawan, Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik ASDP yang berada di Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo berkapasitas 145 kamar dan dilengkapi dengan multifunction hall berkapasitas 1.000 orang serta area komersial Plaza Marina Labuan Bajo, siap menyambut para pengunjung dalam setiap kegiatan bertaraf internasional.

Tercatat sejak Januari hingga Juli 2024, total penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Sape sebanyak 7.655 orang dan 3.756 unit kendaraan dengan total kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda dua sebanyak 1.718 dan mobil sebanyak 1.228 unit kendaraan.

Sebaliknya, total penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Labuan Bajo periode Januari hingga Juli 2024 sebanyak 9.136 orang dan 3.414 unit kendaraan dengan total kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda dua sebanyak 1.790 dan mobil sebanyak 969 unit kendaraan.

"Laporan tim lapangan menyampaikan acara selama seminggu terakhir ini berlangsung lancar dan terkendali, jalur penyeberangan juga terpantau landai dan tidak terjadi penumpukan," ujar Shelvy.

Baca juga: ASDP mendukung kemajuan pariwisata nasional kawasan Danau Toba
Baca juga: ASDP akselerasi proyek destinasi wisata di Labuan Bajo dan BHC
Baca juga: ASDP: Hotel Meruorah siap sambut tamu negara KTT ASEAN

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024