Jakarta (ANTARA) - Gelaran turnamen Mustika Java International Cup 2024 diharapkan mampu menyaring talenta-talenta pemain muda.

Turnamen yang diprakarsai oleh Java Soccer Academy dan PT Mustika Eka Unggul tersebut mempertandingkan dua kategori yakni Sekolah Sepak Bola (SSB) dan SMA, untuk SSB nantinya akan terbagi ke dalam dua kelompok umur yakni U-12 dan U-14 dengan menggunakan format permainan 7 vs 7 yang berlangsung di Stadion Madya Jakarta, pada 24-25 Agustus mendatang.

"Untuk itu kami menggelar Mustika Java International Cup 2024. Ini bertujuan mencari bibit-bibit muda dan saya yakin pasti ada diantara mereka. Disini kami berusaha membukakan jalan untuk mereka, selanjutnya kembali kepada individunya masing-masing," kata pembina Java Soccer Academy sekaligus CEO PT Mustika Eka Unggul Reza Eka Pahlevi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Nantinya juara dari kategori SSB (U-12 dan U-14) akan diikutsertakan berkompetisi di Kuala Lumpur Cup 2025.

"Harapan kami, ajang ini bisa membawa mereka ke jenjang yang lebih tinggi dan besar lagi. Kami paham, banyak anak Indonesia yang punya mimpi untuk merumput di Senayan. Oleh sebab itu kami menggelar pertandingan ini di Stadion Madya Senayan, (Komplek) Gelora Bung Karno,”ujar Reza

Mewakili PSSI, pelatih Timnas Indonesia U-20 sekaligus Direktur Teknik Timnas Indonesia, Indra Sjafri mendukung turnamen yang menjaring pemain muda seperti Mustika Java International Cup 2024.

"Terima kasih sekali pak Reza, jarang ada yang mau mensponsori sepak bola junior. Saya mewakili PSSI mengucapkan terima kasih. Kompetisi seperti ini sangat bermanfaat untuk mencari bibit-bibit muda yang berpotensi, sebagai bagian dari regenerasi dan semoga ke depan bisa mengantarkan Indonesia ke Piala Dunia.” ucap Indra Sjafri.

Ajang yang telah memasuki edisi kedua ini akan diikuti oleh 16 tim dari masing-masing kategori, yaitu kategori SSB U-12, SSB U-14, dan SMA (U-16).

‘’Kepada adik-adik, saya hanya ingin menyampaikan tolong dimanfaatkan kesempatan yang ada ini. Saya mengutip pernyataan coach Indra Sjafri, ini bukan sekadar menang atau kalah tapi lebih dari itu, manfaatkan kesempatan ini untuk membentuk mental kalian, supaya kalian punya mental juara yang selalu menjaga sportivitas dan pantang menyerah," ucap Reza Eka Pahlevi.

Ketua Pelaksana Mustika Java International Cup 2024, Eric Budi Santoso, berharap ajang ini bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia kelak di masa depan.

‘’Nanti ada talent scouting, tadi juga disampaikan oleh Coach Indra Sjafri, semoga ada lebih dari dua pemain yang bisa bermain di Timnas Indonesia dari ajang ini. Mungkin agak sedikit langka juga, kami dapat dukungan dari Bank Mandiri, acara setingkat sekolah sepak bola. Terima kasih juga untuk Bapak Reza Eka Pahlevi, sekali lagi terima kasih,’’ ujar Eric.

Baca juga: Indra Sjafri tekankan para klub untuk mulai punya pencari bakat

Baca juga: Timnas U-20 jalani TC di Jakarta dan Korsel tanpa Raven dan Welber

Baca juga: Erick Thohir: Persaingan tidak hanya antarpemain tapi juga pelatih

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024