Depok (ANTARA) - Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) Universitas Indonesia (UI) mengumumkan 17 Bakal Calon Rektor UI untuk periode 2024–2029 yang akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Dari total bakal calon tersebut, 10 orang berasal dari internal UI, sementara 7 orang lainnya berasal dari eksternal.

Ketua P3CR UI, Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, di Depok, Jumat menyatakan, sebanyak 17 nama yang terjaring sebagai Bakal Calon Rektor UI telah mendaftar untuk memenuhi persyaratan pendaftaran, termasuk berkas administrasi yang tercantum di laman pemilihanrektor.ui.ac.id.

Selain memenuhi persyaratan administrasi, bakal calon juga diwajibkan untuk membuat video singkat yang memperkenalkan diri serta menjelaskan visi dan misi yang akan dijalankan jika terpilih menjadi Rektor UI.

“Video tersebut berdurasi maksimal 60 detik. Dari video yang dikirimkan, kami akan menyeleksi figur calon Rektor UI yang sesuai dan dibutuhkan oleh Universitas Indonesia,” ujar Prof. Sigit.

Menurut Prof. Sigit, Bakal Calon Rektor yang terjaring sangat beragam. Selain berasal dari latar belakang akademisi dan praktisi, bakal calon juga berasal dari generasi yang berbeda ada yang berusia 43 tahun hingga 58 tahun.

Mereka juga berasal dari berbagai wilayah, termasuk Pontianak, Kalimantan Barat.

“Selain itu, terdapat juga bakal calon rektor perempuan. Keseluruhan bakal calon akan melalui proses penyaringan hingga terpilih menjadi Rektor UI. Kami berharap proses ini berjalan lancar dan menghasilkan Rektor terbaik untuk UI tercinta,” ujarnya.

Baca juga: Akademisi UI edukasi budi daya lebah dan pemasaran produk

Menurut dia mereka berasal dari akademisi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), serta praktisi industri.

Sigit mengatakan sejak 8 Juli 2024, kami telah melakukan sosialisasi mengenai pemilihan rektor di lingkungan internal maupun eksternal.

Sosialisasi di internal dilaksanakan di Kampus Depok dan Salemba, sedangkan sosialisasi eksternal dilakukan melalui radio, podcast, publikasi di media cetak dan daring, serta kanal media sosial UI.

Seluruh bakal calon terjaring setelah periode perpanjangan pendaftaran ditutup pada 10 Agustus 2024, yang sebelumnya dijadwalkan pada 3 Agustus 2024.

Bakal Calon Rektor yang telah melalui tahap penjaringan harus memenuhi persyaratan penilaian oleh lembaga asesmen yang ditunjuk oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI.

Setelah Bakal Calon Rektor terjaring, proses pemilihan rektor UI akan dilanjutkan dengan penyaringan calon rektor oleh Tim P3CR pada 17–21 Agustus 2024.

Adapun Bakal Calon Rektor yang tersaring pada tahap pertama akan diumumkan pada 23 Agustus 2024.


Baca juga: UI beri warga Ciherang edukasi pertolongan pertama guna kesiapsiagaan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024