Kegiatan ekspo yang baru pertama kali, kami yakini bisa tarik minat investor
Penajam Paser Utara, Kaltim (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyebutkan Expo IKN 2024 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menjadi magnet untuk menarik investor ke daerah Benuo Taka itu.

"Kegiatan Expo IKN yang diadakan adalah magnet untuk menarik para investor atau penanam modal ke Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Basuki, yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Penajam, Kaltim, Jumat.

Basuki mengapresiasi Expo IKN, yang baru pertama kalinya digelar Pemerintah Kabupaten Penajam tersebut, saat melihat langsung gelaran tersebut.

"Baru pertama kali diadakan, tapi sudah banyak daerah lain yang berpartisipasi, ada Jawa Tengah, Tangerang, Kalimantan Tengah, dan lainnya," jelasnya.

Partisipasi daerah lain merupakan bukti potensi yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, sehingga sudah waktunya Kabupaten Penajam Paser Utara bangkit mengembangkannya.

Menurut dia, apabila Kabupaten Penajam Paser Utara memanfaatkan potensi yang dimiliki, sebagai daerah mitra Kota Nusantara bisa mengiringi laju pembangunan ibu kota baru Indonesia itu.

Salah satu potensi yang dilirik investor di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah ketersediaan pangan, menurut Basuki, apabila belasan ribu hektare lahan yang dimiliki dikelola dengan baik bisa menjadi lumbung pangan bagi Kota Nusantara.

"Kegiatan ekspo yang baru pertama kali, kami yakini bisa tarik minat investor, karena sebagai daerah mitra ibu kota baru Indonesia," tambah Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Target investasi pada 2023 mencapai Rp2 triliun dan terealisasi 92 persen, kata dia, diharapkan pada 2024 ada peningkatan investasi yang masuk Kabupaten Penajam Paser Utara seiring perkembangan Kota Nusantara.

Pada Expo IKN tersebut disediakan lebih kurang 150 stan, yang diisi instansi, perusahaan maupun organisasi atau lembaga dari Kabupaten Penajam Paser Utara dan juga dari luar daerah, serta diisi usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjual berbagai macam jajanan dengan harga terjangkau.

Expo IKN yang digelar 15-17 Agustus 2024 tersebut juga dirangkai dengan hiburan rakyat, dan forum investasi memaparkan peluang investasi dengan narasumber dari dalam maupun luar negeri, sebut Makmur Marbun.

Baca juga: Tiga pimpinan DPR langsung bertolak ke IKN usai Sidang Tahunan MPR
Baca juga: Pemerintah undang masyarakat Sepaku hadiri upacara kemerdekaan di IKN
Baca juga: Presiden sampaikan pidato di parlemen hingga ke IKN Jumat

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024