Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Kamis (15/8). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. Surya Paloh: Anies, ini bukan momen Anda maju Pilkada Jakarta

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku telah memperjelas posisi partainya dengan memberi tahu bahwa saat ini bukan momentum bagi Anies Baswedan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.
 
“Saya sudah beri tahu Pak Anies: Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta. Kita cari momentum yang lebih tepat lagi ke depan. Ada pemahaman itu,” ucap Surya Paloh usai menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (15/8).
 
Baca selengkapnya di sini.


2. Moeldoko: Presiden sampaikan agar hormati keyakinan Paskibraka

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada seluruh pihak agar menghormati keyakinan setiap petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).
 
"Kalau dari Pak Presiden, bagaimana upaya kita untuk menghormati keyakinan dari para peserta. Saya pikir itu yang perlu dipikirkan," kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (15/8), ketika ditanya mengenai polemik sejumlah anggota Paskibraka yang diduga melepas jilbab saat pengukuhan.
 
Baca selengkapnya di sini.


3. Hasto mewanti-wanti pihak yang ingin ambil alih PDIP

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mewanti-wanti pihak yang ingin mengambil alih partai berlambang banteng moncong putih.
 
Pasalnya, PDIP merupakan partai militan di mana seluruh jajaran akan bergerak apabila ada yang mencoba mengintervensi kedaulatan partai.
 
Baca selengkapnya di sini.


4. Ridwan Kamil mengaku siap dipasangkan dengan Suswono

Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengaku siap dipasangkan dengan kader PKS Suswono untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.
 
"Pak Suswono kalau itu betul, tapi saya tidak mendahului ya, saya kira saya bisa dengan mudah beradaptasi," kata Ridwan Kamil usai menghadiri acara pemberian rekomendasi dari PSI untuk para calon kepala daerah di Jakarta Selatan, Kamis (15/8).
 
Baca selengkapnya di sini.


5. Cak Imin: Ada nafsu beberapa orang di PBNU untuk cawe-cawe ke PKB

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa ada sejumlah pihak di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang ingin cawe-cawe di partainya.
 
Ia menyampaikan pernyataan tersebut untuk merespons pertanyaan para jurnalis mengenai pengambilalihan partai politik, seperti yang diungkapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024