Mexico City (ANTARA) - Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan dia akan mengirim nota protes kepada Amerika Serikat (AS) terkait dengan pendanaan negara itu kepada lembaga swadaya masyarakat (NGO) 'Meksiko Melawan Korupsi dan Impunitas (MCCI)', yang menentang Pemerintah Meksiko.

"Saya akan menyurati Presiden AS (Joe) Biden mengenai masalah ini. Selain itu, Kementerian Luar Negeri akan mengirimkan nota diplomatik, karena kami percaya bahwa ada campur tangan terbuka Pemerintah AS dalam urusan yang merupakan kedaulatan negara kami," kata Lopez Obrador kepada wartawan, Rabu.

Dalam konferensi pers tersebut, disajikan sebuah laporan dari dinas intelijen keuangan Meksiko. Menurut laporan itu, besaran sumbangan Pemerintah AS  mencapai lima juta dolar AS (Rp78,8 miliar) kepada LSM itu antara 2018 dan 2023.

"Apa artinya ini? Di satu sisi, mereka (AS) menjaga hubungan baik dan kerja sama (dengan Pemerintah Meksiko), tetapi di sisi lain, mereka mengirim uang kepada oposisi untuk fitnah? Mengapa mereka menggunakan standar ganda ini? Mengapa ada kemunafikan ini?" kata Lopez Obrador.

Berbagai yayasan AS juga menyumbangkan dana kepada organisasi oposisi tersebut, katanya menambahkan.

Ini bukan pertama kalinya Lopez Obrador menyatakan ketidakpuasannya atas dukungan Washington terhadap pihak oposisi di negaranya.

Pada Mei 2023, dia menyurati Biden untuk meminta Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) berhenti mendanai organisasi-organisasi yang menentang pemerintah sah Meksiko, termasuk MCCI.

Pada 2021, dia pun mengirimkan nota diplomatik kepada AS mengenai masalah yang sama.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Presiden Meksiko surati Trump, mendesak perbatasan tetap dibuka
​​​​​​​


Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024