Jakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hamburg, Jerman mengukuhkan sebanyak delapan putra-putri Indonesia yang akan mengemban tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT ke-79 Republik Indonesia.

Konjen RI di Hamburg, Renata Siagian, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (15/8) menyampaikan rasa bangga sekaligus harapan kepada seluruh anggota Paskibraka sebagai representasi pelajar terbaik tanah air.

"Kalian adalah putra-putri bangsa Indonesia yang terpilih untuk mengibarkan Sang Merah Putih, simbol kemerdekaan dan kedaulatan bangsa kita. Kalian menjadi cerminan semangat perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan Indonesia. Kami harap kalian akan menjadikan semangat perjuangan untuk mengisi dan memaknai kemerdekaan," kata Renata.
Konjen RI di Hamburg, Renata Siagian, mengukuhkan sebanyak delapan putra-putri Indonesia yang akan mengemban tugas sebagai Paskibraka pada HUT ke-79 Republik Indonesia. (ANTARA/HO/Sosbud KJRI Hamburg)
Lebih lanjut Renata mengajak seluruh anggota Paskibraka untuk tidak melupakan jati diri sebagai generasi penerus bangsa dan pemimpin bangsa di masa depan. Konsul Jenderal RI juga berharap dengan adanya pengukuhan ini, semangat nasionalisme dan patriotisme dapat terus terjaga dan diwariskan kepada generasi muda Indonesia, meskipun mereka berada jauh dari Tanah Air.

Sebelumnya, anggota Paskibraka telah melewati serangkaian seleksi dan pelatihan intensif. Mereka terdiri atas para pelajar yang berdomisili di sekitar wilayah Hamburg, bahkan ada pula yang berasal dari wilayah Bremen yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota tersebut.

Acara pengukuhan berlangsung di aula KJRI Hamburg dan dihadiri oleh para pejabat, staf KJRI Hamburg, serta tamu undangan. Pengukuhan ini menjadi momentum berharga bagi para anggota Paskibraka untuk melanjutkan tugas mulia mereka pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024 di aula KJRI Hamburg.
Baca juga: KJRI Hamburg dan wirausaha Indonesia pamerkan produk berkelanjutan
Baca juga: KJRI Hamburg promosi budaya dalam Lange Nacht der Konsulate

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024