Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa menyerahkan dukungan kepada 81 bakal calon kepala daerah untuk berkontestasi pada pilkada 2024.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa dukungan kepada bakal calon kepala daerah tersebut telah memenuhi sejumlah kriteria utama dari partainya.

"Pertama, tentu track record (rekam jejak) yang terus diuji selama fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan). Kedua, tentu saja elektabilitas. Ketiga, teman koalisi, agar bisa menjadi perahu untuk mengusung," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Cak Imin sebut PKB belum ada kepastian usung Anies di Pilkada Jakarta

Sementara itu, saat memberikan sambutan, Cak Imin mengingatkan puluhan bakal calon kepala daerah tersebut agar menerapkan tiga prinsip perjuangan PKB, terutama bila terpilih nanti.

"Pertama, kita harus tegakkan yang namanya upaya melahirkan kemakmuran dan kesejahteraan. Kedua, keadilan yang berwujud pada rasa aman dan kesetaraan di depan hukum. Ketiga, kemanusiaan. Tiga prinsip inilah yang akan menjadi panduan para kepala daerah dalam memimpin," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa kesejahteraan dan kemakmuran harus terus diwujudkan sesuai amanat Pancasila. Kemudian, mewujudkan keadilan adalah tanggung jawab seorang pemimpin, sedangkan kemanusiaan merupakan puncak pengabdian.

"Saya titipkan kepada para kepala daerah, sehingga mereka tidak bisa menyeleweng dari seluruh kepemimpinan yang mereka lakukan selama lima tahun," katanya.

Pada kesempatan itu, PKB memberikan surat Model B Persetujuan Parpol KWK kepada bakal calon kepala daerah pada tingkat kabupaten/kota di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Baca juga: Gerindra akui bakal bekerja sama dengan PKB untuk Pilkada Jakarta
Baca juga: PKB tidak melihat penjegalan calon kepala daerah pada Pilkada Jakarta

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024