Informasi yang tepat ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat memahami dan turut serta mendukung peran aktif Indonesia di kancah global.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menekankan urgensi mempersiapkan informasi yang kuat dan realistis kepada publik, terutama terkait solusi pembiayaan alternatif untuk memenuhi target-target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

Upaya itu dinilai penting dilakukan dalam agenda Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF MSP) 2024 dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 2024 yang akan diadakan di Bali pada 1-3 September 2024.

“(Penting) mempersiapkan informasi yang kuat dan realistis kepada publik, terutama terkait solusi pembiayaan alternatif untuk memenuhi target-target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) untuk menarik perhatian dan menjalin solidaritas global melalui kemitraan multi pihak, terutama dengan negara-negara Selatan, termasuk Afrika,” katanya saat menggelar rapat terbatas bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk membahas persiapan HLF MSP 2024 dan IAF ke-2 2024 sebagaimana dalam keterangan resmi, di Jakarta, Kamis.

Dia menyampaikan bahwa Indonesia sedang bekerja untuk membentuk mekanisme pembiayaan yang akan memfasilitasi belanja pembangunan di Afrika.

Pihaknya melihat ada potensi besar dari Afrika dalam 10 tahun ke depan, dengan wilayah tersebut akan mendominasi pertumbuhan populasi dunia.

Komitmen pembiayaan alternatif ini diharapkan dapat menarik perhatian global serta dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara Selatan, khususnya Afrika, dalam bidang ekonomi dan pembangunan.

Retno menambahkan urgensi menyampaikan secara jelas dan akurat terkait komitmen dan kontribusi nyata Indonesia di kancah internasional kepada publik.

“Informasi yang tepat ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat memahami dan turut serta mendukung peran aktif Indonesia di kancah global,” ujar dia pula.

HLF MSP 2024 diharapkan menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinan di panggung internasional, terutama dalam isu-isu global seperti TPB/SDGs dan kerja sama strategis dengan negara-negara selatan.

Forum ini juga akan menjadi platform penting bagi Indonesia untuk mempromosikan inisiasi strategis dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan, yang sejalan dengan visi nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.
Baca juga: Kemlu: RI ingin membangun kedekatan hubungan dengan Afrika melalui IAF
Baca juga: Bappenas sebut HLF-MSP dan IAF 2024 terkait satu sama lain


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024