Jakarta (ANTARA)- Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Sri Woerjaningsih atau Giwo Rubianto Wiyogo meraih tanda jasa Bintang Mahaputera Nararya untuk jasa-jasanya dalam upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 
 
"Penghargaan ini bukan hanya merupakan prestasi pribadi, tetapi juga merupakan hasil kerja keras dan komitmen bersama dari semua, baik anggota Kowani, mitra, dan pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam program-program yang kami jalankan," ujar Giwo di Jakarta, Kamis. 
 
Tanda jasa tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (14/8/2024). Giwo mengatakan penghargaan itu adalah dorongan untuk terus melanjutkan misi dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak-anak di Indonesia sebagai Ibu Bangsa.
 
"Ini bukanlah akhir dari perjalanan kami, tetapi justru menjadi motivasi tambahan bagi kami untuk terus bekerja lebih keras dalam upaya memperjuangkan hak dan kesejahteraan wanita. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup wanita di Indonesia dan memastikan bahwa mereka mendapatkan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan, "kata Giwo lagi. 
 
Giwo Rubianto telah berkiprah dalam organisasi masyarakat sejak 1990-an. Beberapa diantaranya menjadi Wakil Ketua IWAPI DPD DKI Jakarta pada tahun 1994, Ketua Kowani bidang Ekonomi, Koperasi dan Ketenagakerjaan tahun 1999, hingga pada tahun 2014 terpilih menjadi Ketua Umum Kowani 2 Periode hingga sampai saat ini (2014 – 2019 dan 2019 – 2024). 
 
Selain itu, menjadi Ketua Komisi Perlindungan Anak tahun 2004 – 2007, Ketua Umum Pita Putih Indonesia sejak 2015 sampai sekarang, Ketua Umum Gerakan Wanita Sejahtera sejak tahun 2000, Ketua Umum Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat tahun 2017 – 2022, serta lebih dari 30 riwayat pengalaman organisasi lainnya, baik di bidang sosial, pedidikan, ekonomi, politik dan kesejahteraan.  
 
Bukan hanya aktif di organisasi tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Kowani sebagai anggota UN ECOSOC sejak 1998. Kemudian menjadi Secretary General of ACWO (ASEAN Confederation of Women’s Organizations), dan Vice President dari ICW (International Council of Women) dan anggota dari BPW (Business Professional Women).***
 
 

Pewarta: Indriani
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024