sisanya tinggal 10 lagi karena ada 37 provinsi yang akan menggelar pilkada serentak
Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrat bekerja sama dengan beberapa partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Pada Pilkada Kalimantan Tengah, Partai Demokrat berkoalisi dengan PDI Perjuangan mengusung pasangan Nadalsyah Koyem-Sigit Karyawan Yunianto sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur .

Dukungan itu diberikan dalam bentuk surat rekomendasi yang diserahkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada pasangan Nadalsyah-Sigit di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis.

"Kami meyakini pasangan ini saling melengkapi dan menjadi kekuatan politik yang bisa menghadirkan kepemimpinan, juga kemajuan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat," kata AHY saat acara penyerahan surat rekomendasi itu.

Nadalsyah Koyem merupakan kader Partai Demokrat yang menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah, sementara Sigit Karyawan Yunianto merupakan kader PDI Perjuangan yang menjabat Sekretaris DPD PDIP Kalteng.

Baca juga: Demokrat resmi dukung bakal calon kepala daerah di 51 kabupaten/kota

Pada kesempatan sama, AHY juga menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Ansar Ahmad dan Nyanyang Haris Pratamura untuk maju pada Pilkada Kepulauan Riau. Di Kepri, Partai Demokrat berkoalisi dengan PPP dan dua parpol anggota KIM, yaitu Partai Golkar dan Partai Gerindra.

AHY, dalam acara yang sama, juga menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Rahmat Mirzani dan Jihan Nurlela untuk berkontestasi pada Pilkada Lampung. Di provinsi ini, Partai Demokrat berkoalisi dengan PKB, Partai Gerindra, PKS, dan NasDem.

Dengan demikian, hingga Kamis ini, Partai Demokrat telah menyerahkan surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah di 27 provinsi. "Artinya, sisanya tinggal 10 lagi karena ada 37 provinsi yang akan menggelar pilkada serentak," kata AHY.

Baca juga: Demokrat umumkan 55 nama kader yang akan bertarung di Pilkada 2024

Sementara di tingkat kabupaten/kota, Partai Demokrat per hari ini telah menyerahkan surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah di 328 kabupaten/kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan ada 508 kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak tahun ini.

"Kalau dihadapkan pada jumlah daerah yang menggelar pilkada, baik untuk pilgub (pemilihan gubernur) maupun pemilihan bupati dan wali kota, (kami sudah, red) 70 persen," kata AHY.

Oleh karena itu, AHY menyatakan optimistis Partai Demokrat dapat menyerahkan surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota sebelum KPU membuka pendaftaran peserta pilkada pada 27 Agustus 2024.

Baca juga: Demokrat dukung 108 bakal calon, termasuk istri dan anak menteri
Baca juga: AHY sebut wacana membentuk KIM Plus untuk pilkada ide yang baik

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024