Jumlah yang ditanam 1.000 bibit mangrove untuk pelestarian di wilayah pesisir Lubuk Damar, sekaligus upaya kita dalam menangkal abrasi laut yang sudah mengikis daratan
Banda Aceh (ANTARA) - Pelajar yang tergabung dalam Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Aceh Tamiang melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di pesisir Desa Lubuk Damar, Kecamatan Seruway, kabupaten itu, dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Ketua Kwarcab Pramuka Aceh Tamiang Agus Salim, Kamis, mengatakan lokasi penanaman mangrove tersebut di lahan kritis hutan produksi. Penanaman ini melibatkan seluruh pengurus dan anggota Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63.

Baca juga: ULM tanam 100 ribu pohon hijaukan KHDTK di Mandiangin

“Jumlah yang ditanam 1.000 bibit mangrove untuk pelestarian di wilayah pesisir Lubuk Damar, sekaligus upaya kita dalam menangkal abrasi laut yang sudah mengikis daratan,” kata Agus di Aceh Tamiang.

Ia menjelaskan, penanaman mangrove di pesisir Aceh Tamiang ini sebagai upaya pendidikan dan pembinaan membentuk generasi muda yang peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Pihaknya mengerahkan dua Satuan Karya (Saka) Pramuka dalam aksi penanaman mangrove tersebut, yaitu Saka Kalpataru (Lingkungan) dan Saka Wana Bakti (Kehutanan).

“Melalui giat ini perlunya menjaga ekosistem mangrove, sebab kawasan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup penghasil oksigen,” ujarnya.

Baca juga: Komunitas AXIC tanam 2.000 bibit pohon di Bogor

Agus mengataka bahwa hutan mangrove juga dapat menurunkan suhu dan sebagai tempat hidup berbagai macam habitat burung dan biota laut untuk berlindung dan mencari makan.

Diketahui juga manfaat mangrove sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, sekaligus sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2).

“Dengan menjaga keseimbangan ekosistem mangrove berarti turut serta menjaga dan melindungi wilayah NKRI dari pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup,” ujarnya.

Baca juga: Kemenko PMK-Muhammadiyah tanam pohon dan beri makan sehat di Samarinda

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024