Kita mendorong semua institusi pendidikan dari lapisan dasar, masih PAUD ya, pendidikan usia dini, dasar, menengah, itu untuk mengadakan kunjungan-kunjungan wisata itu prioritas kepada museum-museum
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan dari kalangan anak muda, pengelola museum perlu menjadikan museum sebagai tempat yang inspiratif.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Warsito di Jakarta Kamis, mengatakan bahwa paradigma perlu diubah, sehingga museum tidak hanya dilihat sebagai tempat sekedar untuk menyimpan koleksi, namun sebagai tempat belajar dan piknik yang inspiratif.

"Kemudian di sisi lain, dari institusi pendidikan juga kita mendorong semua institusi pendidikan dari lapisan dasar, masih PAUD ya, pendidikan usia dini, dasar, menengah, itu untuk mengadakan kunjungan-kunjungan wisata itu prioritas kepada museum-museum yang ada di sekitarnya," kata Warsito.

Dia menyebutkan, pihaknya berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga teknis untuk mempromosikan kunjungan museum di kalangan anak muda, dengan memasukkan wisata ilmiah ke dalam kurikulum, dengan memprioritaskan museum yang ada di sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Warsito juga mengajak generasi muda untuk mengunjungi dan mencintai museum, untuk mengetahui sejarah, mencari tahu jati diri bangsa, serta mendapatkan inspirasi.

"Dengan kemudian kita berkunjung belajar dan kemudian mencari semuanya yang positif untuk kemudian memajukan museum kita," katanya.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024