Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia siap digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan persiapan yang telah dimulai sejak awal Agustus 2024.

“Berbagai persiapan sudah dilakukan pemerintah dan mendekati 95 persen,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis.

Budi mengatakan persiapan yang dilakukan mencakup penyediaan sarana dan prasarana umum, termasuk fasilitas umum seperti infrastruktur jalan serta gedung-gedung penginapan.

Tidak hanya akomodasi tempat tinggal, pemerintah juga menyiapkan fasilitas kesehatan juga tersedia dan akan beroperasi selama perayaan HUT ke-79 RI.

Baca juga: Setpres kirim undangan HUT RI ke mantan presiden hingga masyarakat

Baca juga: Presiden Jokowi titip pesan ke Pj Gubernur sukseskan HUT RI di IKN


Fasilitas kesehatan yang tersedia di antaranya satu rumah sakit milik pemerintah dan dua rumah sakit dikelola oleh swasta.

Dari sisi kesiapan peserta dan pihak-pihak yang terlibat dalam upacara di IKN, Budi juga menyatakan bahwa semuanya sudah berada di IKN dan 100 persen siap melaksanakan tugasnya masing-masing.

Mulai dari petugas pengibar bendera pusaka (Paskibraka), pengisi acara kebudayaan, hingga petugas keamanan baik dari kepolisian hingga TNI seluruhnya telah sampai di IKN dan terus melakukan persiapan untuk perayaan di 17 Agustus 2024.

Tidak hanya itu, anggota TNI dari Angkatan Udara juga telah melatih dan menyiapkan formasi khusus sebagai atraksi yang memang rutin dihadirkan di acara-acara HUT RI sebelum-sebelumnya.

Pemerintah mencatat di IKN akan ada sebanyak 1.300 orang yang mengikuti upacara. Beberapa di antaranya seperti para Presiden RI dari periode-periode sebelumnya, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri dari Kabinet Indonesia Maju, tokoh masyarakat, hingga pekerja yang memang bekerja di IKN.

Sebelumnya, dari sisi infrastruktur, Menkominfo juga menyatakan bahwa kesiapan jaringan telekomunikasi di IKN untuk perayaan HUT ke-79 RI telah dilakukan.

"Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap jelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur maupun daerah-daerah lainnya dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,” kata Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Pemerintah dalam penyediaan jaringan telekomunikasi didukung Telkom karena Telkom merupakan pemegang hak perlintasan dan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi (rehearsal) infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Tidak hanya itu, operator seluler lainnya juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

Layanan dari operator-operator seluler lainnya bersifat sementara dengan penyediaan mobile Base Transceiver Station (BTS) maupun fiber optik aerial yang telah disiapkan untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu.

Baca juga: OIKN: HUT RI 2024 jadi awal ibu kota pindah dari Jakarta ke Nusantara

Baca juga: Menhub: Penerbangan ke IKN ditambah terkait perayaan HUT RI Agustus

Baca juga: Bendera merah putih hiasi Jembatan Pulau Balang jelang HUT RI di IKN

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024