Bulog hanya penyedia kebutuhan pokok yang diperlukan saat gerakan pangan murah itu,
Kapuas Hulu, Kalbar (ANTARA) - Perum Bulog Cabang Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menyiapkan paket sembako untuk mensukseskan operasi pasar murah di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau perbatasan Indonesia pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.


"Gerakan pangan murah akan dilaksanakan tepat pada peringatan hari kemerdekaan untuk membantu warga perbatasan memperoleh sembako dengan harga yang murah," kata Pimpinan Cabang Perum Bulog Putussibau Kartika, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Kartika menyampaikan Bulog Putussibau menyiapkan sekitar 500 hingga 800 kilogram beras
stabilitas pasokan harga pangan (SPHP) dengan harga Rp60 ribu per karung, gula pasir sebanyak 200 kilogram dengan harga Rp17.500 per kilogram dan minyak goreng kemasan sebanyak 200 liter dengan harga Rp18.500 per liter.

Gerakan pangan murah tersebut diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Bulog, yang akan dipusatkan di kawasan PLBN Badau pada 17 Agustus 2024 .

"Bulog hanya penyedia kebutuhan pokok yang diperlukan saat gerakan pangan murah itu," kata Kartika.

Kartika menjelaskan gerakan pangan murah itu salah satu upaya pemerintah untuk pengendalian inflasi daerah serta untuk membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya yang tidak mampu untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Ia berharap dengan adanya gerakan pangan murah atau operasi pasar dapat membantu meringankan beban masyarakat perbatasan.

Belum lama ini juga, Bulog Putussibau bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu melaksanakan pasar murah di Kota Putussibau.

"Kami komitmen mendukung program pemerintah dalam pengendalian inflasi di daerah perbatasan, kami berharap masyarakat dapat benar-benar memanfaatkan gerakan pangan murah tersebut," kata Kartika.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024