Kapuas Hulu, Kalbar (ANTARA) - Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia Kecamatan Badau mengundang sedikitnya 1.185 orang untuk menjadi peserta upacara HUT RI yang siap dilaksanakan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami melibatkan semua pihak untuk mensukseskan upacara HUT RI termasuk tamu undangan dan peserta upacara nantinya," kata Ketua Panitia HUT Ke-79 RI Kecamatan Badau Karyadi, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Karyadi menyampaikan upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 itu nantinya diawali kirab drumband Satgas Pamtas dan ada juga pertunjukan pencak silat, tarian adat, drama kolosal serta berbagai kegiatan lainnya seperti gerakan pangan murah dan pengobatan gratis.

Ia mengatakan persiapan peringatan HUT RI itu pun melibatkan semua pihak terkait mulai dari warga, pelajar, TNI, Polri dan pemerintahan desa serta sejumlah instansi yang ada di perbatasan.

"Kami lihat semua pihak sangat antusias menyambut peringatan HUT RI, semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme sangat tinggi," ucap Karyadi.

Ia berharap upacara peringatan HUT RI di PLBN Badau nantinya dapat berjalan lancar serta dapat membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI di perbatasan.

Sementara itu, Camat Badau Pane Pasogit mengatakan pada peringatan HUT Ke-79 RI di kawasan PLBN Badau juga akan ada gerakan pangan murah dan berbagai atraksi seperti drumband dari Satgas Pamtas, tarian adat serta pencak silat dan drama kolosal.

Dia mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Badau untuk turut serta mensukseskan puncak peringatan HUT Ke-79 RI dan memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif.

"Harapan kita HUT kemerdekaan itu dapat membangkitkan semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan masyarakat perbatasan dalam menghadapi tantangan untuk mempertahankan keutuhan NKRI," katanya.

Baca juga: BNPP laksanakan Upacara HUT Ke-79 RI di 13 PLBN se-Indonesia

Baca juga: PLBN jadi magnet percepatan kemajuan ekonomi perbatasan di Kalbar

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024