Jakarta (ANTARA) -
Forbes baru-baru ini merilis daftar 10 miliarder termuda dunia untuk tahun 2024, dengan menyoroti individu-individu yang telah mencapai kesuksesan finansial luar biasa di usia yang masih sangat muda.

Meskipun menjadi miliarder di usia muda merupakan hal yang langka, karena rata-rata miliarder berusia 60 tahun ke atas, daftar ini menunjukkan sederet orang yang telah meraih kekayaan besar di usia muda.
 
Sebagian dari miliarder termuda di dunia ini memperoleh kekayaan mereka dari perusahaan yang dimiliki keluarga mereka. Sementara sebagian besar miliarder yang lebih tua membangun kekayaan mereka dari nol.
 
Namun, beberapa miliarder muda yang sukses juga harus menghadapi tantangan kewirausahaan dan inovasi. Perjalanan mereka ditandai oleh tekad, ketahanan, dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang.
 
Lantas, siapa saja 10 miliarder termuda dunia menurut data Forbes Real Time Billionaires per Juli 2024, dan berapa rata-rata kekayaan serta usia mereka? Simak penjelasannya berikut ini.

10 miliarder termuda dunia menurut data Forbes tahun 2024
 
1. Livia Voigt (Brasil)
 
Livia Voigt merupakan miliarder termuda saat ini, dengan usia 19 tahun. Ia merupakan salah satu pemegang saham individu terbesar di WEG, produsen motor listrik terbesar di Amerika Latin.
 
Meskipun merupakan pemegang saham terbesar, Voigt masih menjalani pendidikan di universitas dan tidak memegang posisi eksekutif.
 
Sebagai informasi, perusahaan tersebut didirikan oleh kakeknya, Werner Ricardo Voigt, bersama mendiang miliarder Eggon Joao da Silva dan Geraldo Werninghaus.
 
WEG merupakan perusahaan multinasional yang terdaftar di bursa saham, memiliki pabrik di lebih dari sepuluh negara, dan diperkirakan meraih pendapatan sekitar $6 miliar pada tahun 2022.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Livia Voigt berada di posisi pertama sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $1.1 miliar.
 
2. Clemente Del Vecchio (Italia)
 
Clemente menduduki peringkat kedua dalam daftar sepuluh miliarder termuda di dunia dengan usia 20 tahun. Ia merupakan salah satu keturunan dari mendiang Leonardo Del Vecchio, yang menjabat sebagai ketua EssilorLuxottica hingga meninggal pada 2022.
 
Setelah ayahnya wafat, Clemente memperoleh kepemilikan sebesar 12,5 persen di perusahaan induk berbasis di Luksemburg, Delfin. Portofolio Delfin mencakup saham di EssilorLuxottica, perusahaan asuransi Generali, bank-bank seperti Mediobanca dan UniCredit, serta pengembang properti Convivio.
 
Meskipun mewarisi kekayaan ini, Clemente memiliki minat besar dalam bidang sains dan teknologi serta bercita-cita melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan berkarier di bidang tersebut.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Clemente Del Vecchio berada di posisi kedua sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $4.6 miliar.
 
3. Kim Jung-youn (Korea Selatan)
 
Kim Jung-youn menjadi seorang miliarder termuda dunia yang menduduki peringkat ketiga dengan usianya yang saat ini baru 20 tahun. Kim Jung-youn dan kakaknya, Jung-min, memegang sekitar 18 persen saham di NXC, pemegang saham terbesar dari perusahaan permainan daring Nexon.
 
Sebagian besar saham mereka diwariskan dari mendiang ayah mereka, Kim Jung-ju, yang mendirikan Nexon pada 1994 dan meninggal dunia pada usia 54 tahun pada Februari 2022.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Kim Jung-youn berada di posisi ketiga sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $1.6 miliar.
 
4. Kevin David Lehmann (Jerman)
 
Kevin David Lehmann menjadi miliarder termuda dunia dengan menduduki posisi keempat, yang saat ini baru berusia 21 tahun. Kevin memiliki saham sebesar 50 persen di jaringan toko obat Jerman, DM (Drogerie Markt), yang menghasilkan pendapatan tahunan sekitar $14 miliar.
 
Perusahaan ini didirikan pada 1973 oleh Goetz Werner dengan membuka toko pertamanya di Karlsruhe, Jerman. Saat ini, DM telah berkembang dengan lebih dari 3.700 lokasi.
 
Kemudian pada 1974, ayah Kevin, Guenther, yang mengelola rantai grosir keluarga Pfannkuch, berinvestasi di DM. Guenther mentransfer 50 persen sahamnya di DM kepada Kevin pada 2017.
 
Kendati demikian, berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Kevin David Lemhann berada di posisi keempat sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $3.1 miliar.
 
5. Luca Del Vecchio (Italia)
 
Luca Del Vecchio berada di peringkat kelima menjadi miliarder termuda dunia dengan usianya yang saat ini menginjak 22 tahun. Luca merupakan salah satu dari enam anak mendiang Leonardo Del Vecchio.
 
Setelah kematian ayahnya, Luca, seperti halnya saudaranya Clemente, mewarisi saham sebesar 12,5 persen di perusahaan induk berbasis di Luksemburg yaitu Delfin.
 
Delfin merupakan perusahaan induk yang memiliki saham di EssilorLuxottica, raksasa kacamata, serta di perusahaan asuransi Generali, bank-bank Mediobanca dan UniCredit, serta pengembang properti Covivio, yang semuanya berbasis di Prancis atau Italia.
 
Berbeda dengan saudaranya Clemente, Luca menjabat sebagai chief strategy officer dan secara aktif terlibat dalam urusan perusahaan tersebut.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Luca Del Vecchio berada di posisi kelima sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $4.6 miliar.
 
6. Kim Jung-min (Korea Selatan)
 
Kim Jung-min merupakan miliarder termuda dunia keenam dengan usianya yang saat ini baru 22 tahun. Dapat diketahui, Jung-min merupakan kakak dari Jung-youn yang berada di urutan ketiga dalam daftar sepuluh miliarder termuda di dunia tahun 2024.
 
Keduanya memegang sekitar 31 persen saham di NXC, menjadikannya sebagai pemegang saham terbesar di raksasa permainan daring Nexon. Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Kim Jung-min berada di posisi keenam sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $1.6 miliar.

7. Remi Dassault (Prancis)
 
Remi Dassault menjadi satu-satunya miliarder termuda dunia di Prancis dengan usianya yang baru menginjak 23 tahun. Kakek buyut Remi mendirikan Dassault Aviation, sebuah perusahaan dirgantara Prancis yang awalnya dikenal karena membuat baling-baling selama Perang Dunia I.
 
Ayahnya, Olivier Dassault, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada tahun 2021, merupakan seorang politisi berpengaruh di Majelis Nasional Prancis.
 
Keluarga Dassault memiliki beberapa kebun anggur, perusahaan aeronautika swasta, dan penerbit surat kabar harian Le Figaro.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Remi Dassault berada di posisi ketujuh sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $2.1 miliar.
 
8. Zahan Mistry (Irlandia)
 
Zahan Mistry pria muda asal Irlandia menjadi miliarder termuda dunia dengan usianya di umur 25 tahun. Zahan merupakan putra dari Cyrus Mistry, mantan ketua Tata Sons.
 
Zahan mewarisi 18,4 persen saham di Tata Sons setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 2022. Zahan Mistry aktif terlibat dalam kerajaan konstruksi keluarganya dan memiliki 25 persen saham di Shapoorji Pallonji Group.
 
Sebagai bagian dari strategi pengurangan utang, grup tersebut berencana untuk mencatatkan Afcons Infrastructure, sebuah perusahaan konstruksi dan teknik swasta, dengan nilai yang mencapai $850 juta.
 
Saat ini, berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Zahan Mistry berada di posisi kedelapan sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $4.7 miliar.
 
9. Dora Voigt de Assis (Brasil)
 
Dora Voigt de Assis menjadi salah satu miliarder termuda di dunia dengan usia Dora yang kini menginjak 26 tahun. Dora Voigt d'Assis merupakan kakak dari Livia Voigt de Assis, miliarder termuda dalam daftar ini.
 
Dora juga merupakan salah satu pemegang saham individu terbesar di WEG, produsen motor listrik terbesar di Amerika Latin. Dora lulus dari perguruan tinggi arsitektur pada tahun 2020. Sama seperti adiknya, ia tidak memegang posisi eksekutif di WEG.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Dora Voigt de Assis berada di posisi kesembilan sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $1.1 miliar.
 
10. Firoz Mistry (Irlandia)
 
Firoz Mistry menjadi miliarder termuda dunia terakhir dengan usianya yang saat ini berada di 27 tahun. Firoz Mistry merupakan kakak dari Zahan Mistry. Ia juga mewarisi sebagian dari 18,4 persen saham keluarganya di Tata Sons setelah ayah mereka, Cyrus Mistry, meninggal pada tahun 2022.
 
Firoz menempuh pendidikan di University of Warwick dan memiliki ketajaman dalam berbisnis serta wawasan strategis. Portofolionya mencakup kepemilikan 25 persen saham di Shapoorji Pallonji Group.
 
Berdasarkan data Forbes per Juli 2024, Firoz Mistry berada di posisi kesepuluh sebagai miliarder termuda dunia dengan kekayaan yang dimiliki mencapai $4.7 miliar.
 
Daftar 10 miliarder termuda 2024 ini menunjukkan tren global dalam inovasi dan investasi, dengan banyak dari mereka yang tidak hanya mewarisi kekayaan tetapi juga menciptakan nilai baru melalui usaha mereka sendiri.

Baca juga: Setelah Rihanna, Taylor Swift jadi wanita terkaya ke-2 versi Forbes

Baca juga: Elon Musk kembali menjadi orang terkaya di dunia

Baca juga: Kucing Taylor Swift dinobatkan jadi kucing terkaya ketiga di dunia
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024