Pada kegiatan merti bumi ini melibatkan para kades, sekdes, dan perangkat desa, ada pentas seni wayang, pameran produk UMKM
Temanggung (ANTARA) - Warga Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar merti bumi untuk menjaga kelestarian alam agar saat ditanami tembakau atau tanaman lainnya hasilnya bagus dan laku mahal.

Camat Bulu Panca Pastianto di Temanggung, Kamis, menyampaikan merti bumi Kecamatan Bulu diikuti sekitar 100 gabungan kelompok tani (gapoktan). Merti bumi ini bersamaan dengan memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: IPBN seleksi Putra Putri Batik Nusantara untuk kembangkan budaya batik

Ia menyampaikan kegiatan ini dilakukan setiap tahun bekerja sama dengan pemerintah desa. Mayoritas petani di Kecamatan Bulu menanam tembakau pada saat musim kemarau.

Panca berharap, semoga tahun ini kualitas tembakau yang dipanen para petani bagus dan harganya tinggi.

"Pada kegiatan merti bumi ini melibatkan para kades, sekdes, dan perangkat desa, ada pentas seni wayang, pameran produk UMKM," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK kejar perencanaan FHBN guna majukan budaya di kawasan IKN

Dalam merti bumi tersebut warga memperebutkan gunungan berisi buah dan sayuran. Hal itu menandakan bahwa kegiatan merti bumi, tanah yang ditanami buah-buahan dan sayur-sayuran bisa panen baik dan terjual dengan harga tinggi.

Petani warga Bulu, Triyanto berharap harga tembakau untuk gread D bisa di atas Rp100 ribu per kilogram. Apabila lebih tinggi, maka petani tembakau akan bertambah sejahtera, karena pada tahun-tahun sebelum harga tembakau rendah.

"Sekarang belum semua petani panen. Baru petik pertama, jadi masih sedikit dan belum kita olah menjadi keranjangan," katanya.

Baca juga: Pemkab gelar kemah budaya peringati HUT RI

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024